Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengenali Program Diet Yang Beresiko


Pola diet yang benar tanpa resiko


InspirasiBersama.com – Tingginya keinginan orang untuk memiliki berat badan yang ideal, membuat banyak pola diet baru yang beredar yang menawarkan banyak keunggulan dan tentu hasil yang menakjubkan. Namun sebagai konsumen kita dituntut untuk mengerti dan mampu mengenali program diet yang beresiko bagi kesehatan kita.

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali program diet yang menawarkan cara ekstrem untuk bisa menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Hal itu akan merubah sebuah pola makan dan gaya hidup yang terbilang drastis yang membuat tidak sedikit yang justru mengalami gangguan kesehatan saat menjalankan sebuah program diet.

Berikut tips mengenali sebuah program diet yang beresiko :

1. Kontradiktif dengan panduan kesehatan
Hal pertama yang harus kita perhatiakn saat memilih sebuah program diet adalah adakah hal yang kontradiktif dengan panduan dari segi kesehatan. Banyak sekali program diet yang tidak mempertimbangkan aspek kesehatan yang benar. Mereka hanya fokus bagaimana caranya bisa menurunkan berat badan dalam kurun waktu yang singkat.

Yang harus kita perhatikan adalah adakah rekomendasi dari sebuah yayasan kesehatan setempat misalnya ikatan jantung, yayasan diabetes atau dewan kanker yang juga turut merekomendasikan jenis program diet yang anda lakukan. Anda harus memeriksa secara detail dalam brosur pola diet yang akan anda lakukan. Jika memang ada rekomendasi dari berbagai macam badan kesehatan, maka kita boleh melakukan program diet tersebut karena sudah aman menurut segi kesehatan.
Baca Juga : Manfaat Melakukan Pola Diet Mediterania Bagi Kesehatan Jantung

2. Mengasingkan seluruh kelompok makanan/ hanya fokus pada makanan yang dianggap sembuhkan penyakit
Bukan menjadi rahasia lagi kalau banyak sebuah program diet yang menyarankan kepada para penggunanya untuk hanya fokus mengkonsumsi jenis makanan yang disarankan saja dan menghindari secara total jenis makanan lain. Ini menjadi sebuah indikator yang buruk bagi kesehatan kita.

Saat kita berkonsultasi dengan seorang ahli gizi, maka pola diet yang semacam ini sangat berbahaya karena kita akan kehilangan banyak nutrisi atau vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh karena adanya pembatasan jenis makanan dan hanya fokus pada jenis makanan tertentu yang disarankan saja.

3. Dipasarkan dengan testimoni ketimbang bukti ilmiah
Tips mengenali program diet yang harus kita hindari selanjutnya adalah anda harus waspada dengan testimoni-testimoni yang diberikan oleh sebuah program diet. Mungkin hal itu memang benar adanya bisa menurunkan berat badan sesuai keinginan, namun tidak ada bukti uji klinik yang menunjukkan tidak adanya komplikasi kesehatan.

Padahal yang terpenting adalah adanya sebuah uji klinik secara ilmiah yang menunjukkan kalau pola diet tersebut aman dan benar-benar direkomendasikan dari sudut pandang kesehatan. Hal ini dinilai sangat penting karena apa gunanya jika kita mampu menurunkan berat badan kita namun ternyata setelah itu kita mendapati masalah kesehatan lain yang diakibatkan karena pola diet yang salah.
Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Indikasi Anda Harus Melakukan Diet Karbohidrat


ciri-ciri pola diet yang beresiko bagi kesehatan, ciri-ciri program diet yang aman bagi kesehatan, tips memilih jenis pola diet yang sehat dan aman, Tips Mengenali Program Diet Yang Beresiko

Posting Komentar untuk "Tips Mengenali Program Diet Yang Beresiko"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner