Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-hal Yang Harus Disiapkan Saat Trimester ke Tiga Kehamilan

sumber gambar : https://hellosehat.com


Saat seorang wanita hamil memasuki trimester ke tiga, maka ini menjadi tahap akhir yang sangat penting. Para ibu disarankan untuk mempersiapkan fisik maupun mental guna menyongsong kelahiran bayi yang dikandung. Apa saja yang harus dipersiapkan bagi seorang ibu saat masuk trimester ke tiga ?
Yang perlu diketahui bahwa, pada saat jani masuk usia 7 bulan maka ada banyak perubahan yang terjadi misalnya janin sudah mampu mendengar suara, merubah posisi tubuh, banyak menyimpan cadangan lemak, lebih aktif bergerak dan juga mampu merasakan rasa sakit.

Terlebih saat masuk kehamilan bulan ke 9, maka perkembangan yang terjadi sebelumnya akan berjalan lebih sempurna. Kemampuan mata serta indra pendengaran akan berfungsi lebih baik, organ paru-parunya juga mengalami perkembangan yang sempurna. Untuk ukuran berat badan, pada usia kehamilan masuk bulan ke sembilan biasanya berat badan bayi sekitar 3 kg sedangkan panjang sekitar 46 sampai 52 cm.

Masuk pada trimester ketiga usia kehamilan, ibu hamil akan sering mengalami yang namanya kontraksi palsu atau Braxton Hicks. Kontraksi ini muncul karena pada masa ini janin sudah berada pada posisi yang siap untuk keluar dengan bagian kepala menghadap pada jalan lahir, sedangkan untuk bagian tubuh sudah menempati pada panggul ibu bagian bawah.

Pada masa ini seorang ibu hamil sangat penting membedakan mana yang kontraksi palsu dan kontraksi yang menandakan jelang persalinan. Untuk kontraksi yang palsu biasanya akan bersifat acak dan juga tidak meningkat. Sedangkan kontraksi yang menandakan hendak persalinan akan disertai dengan adanya bercak darah dan juga air ketuban yang pecah.

Hal yang harus dipersiapkan oleh ibu hamil pada trimester ketiga kehamilan adalah fisik dan mental. Untuk hal fisik maka seorang ibu harus memahami kalau proses persalinan itu sebuah hal yang menguras tenaga. Oleh karena itu disarankan untuk giat mengikuti senam hamil guna yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan menguatkan otot-otot.

Hal yang tak kalah penting adalah mempersiapkan persiapan untuk rawat inap di rumah sakit. Sebaiknya jika sudah mendekati hari persalinan, para ibu sudah mempersiapkan kebutuhan untuk rawat inap seperti baju menyusui dan juga perlengkapan payi. Kemas semua barang tersebut dalam sebuah tas. Jadi jika sewaktu-waktu mengalami tanda persalinan, maka tidakan akan repot lagi untuk mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa.

Yang terakhir adalah pengetahuan ibu tentang perawatan bayi pasca melahirkan. Hal ini dinilai sangat penting seperti pentingnya ASI bagi bayi yang baru lahir serta bagaimana cara memandikan sendiri di rumah.

Artikel Terkait : Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil 

Posting Komentar untuk "Hal-hal Yang Harus Disiapkan Saat Trimester ke Tiga Kehamilan"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner