Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Mengunyah Makanan Dengan Pelan-pelan Membuat Kita Makan Lebih Sedikit


Manfaat Mengunyah Makanan Dengan Pelan
manfaat mengunyah makanan lebih lama

InspirasiBersama.com – Saat anda melakukan sebuah program diet, pasti hal yang paling sulit adalah menahan konsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Terlebih saat kita menjumpai makanan yang menjadi kesukaan kita, rasanya ingin makan lebih banyak lagi.
Ada sebuah tips sederhana yang sangat bermanfaat untuk mencegah agar tidak makan secara berlebihan yaitu dengan cara mengunyah dengan pelan-pelan. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi anda yang sedang diet menurunkan berat badan.

Hal ini sudah terbukti dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr Xand van Tuleken yang mengatakan bahwa dengan mengunyah makanan lebih lama, maka bisa mencegah kita untuk makan lebih banyak.

Secara detail penelitian tersebut menyebutkan kalau seseorang yang mampu melakukan kunyahan sebanyak 35 kali, maka prosentase untuk tidak makan dalam jumlah yang besar sebanyak 30 persen. Kondisi ini berbeda dengan mereka yang hanya mengunyah sebanyak 15 kali saat makan.

Baca Juga : Makan Terlalu Cepat Bisa Memicu Diabetes
Kalau dihitung dalam jumlah kalori, maka orang yang mampu mengunyah 35 kali saat makan, maka bisa mengurangi 126 kalori. Jumlah ini terbilang cukup besar dalam setiap kali anda makan. Jadi kalau anda makan tiga kali dalam sehari, maka bisa mengurangi asupan kalori sebanyak 378 kalori.
Dalam sebuah studi juga diketahui kalau rata-rata orang mengunyah saat makan sebanyak 15 sampai 30 kali. Sedangkan mereka yang tergolong obesitas diketahui terbiasa mengunyah makanan dengan lebih cepat.

Selain bermanfaat bisa mengurangi asupan kalori, mengunyah makanan dengan lebih lama bermanfaat memudahkan saat mencerna makanan. Dengan begitu maka akan meringankan kerja organ pencernaan kita.

Bagi umat muslim, mengunyah makanan dengan lebih lama sampai mencapai 30 an bukan hal baru. Karena sejak dulu, Nabi Muhammad SAW sudah mensunnahkan atau menyarankan umatnya untuk mengunyah setidaknya sebanyak 30 kali saat makan.


Artikel Terkait : Manfaat Makan Dengan Tenang Bagi Kesehatan

efek samping makan terlalu cepat, kelebihan mengunyah makanan lebih lama, manfaat mengunyah makanan 32 kali, manfaat mengunyah makanan dengan lama, Manfaat Mengunyah Makanan Dengan Pelan-pelan Membuat Kita Makan Lebih Sedikit, mengunyah makanan berapa kali, mengunyah makanan yang benar

Posting Komentar untuk "Manfaat Mengunyah Makanan Dengan Pelan-pelan Membuat Kita Makan Lebih Sedikit"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner