Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Obat Kumur Bisa Memicu Penyakit Diabetes ?

sumber gambar : detik.com

Benarkah obat kumur bisa memicu penyakit diabetes ?. Mungkin ini terdengar baru di telinga kita bahwa obat kumur bisa memicu diabetes. Hal ini ternyata benar dan dibuktikan dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan para pakar yang berasal dari Harvard Univesity.
Dalam hasil peneltiian tersebut diketahui bahwa menggunakan obat kumur meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Mengapa hal ini bisa terjadi ?. Ternyata menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa saat kita mengguanakan obat kumur, maka ada banyak bakteri baik yang juga mati dalam mulut kita.

Kabar gembiranya adalah hal ini baru bisa terjadi jika kita menggunakan obat kumur secara berlebihan. Yang dikatakan berlebihan adalah menggunakan obat kumur sampai dua kali dalam sehari. Bila kebiasaan ini kita lakukan selama tiga tahun, maka resiko terkena diabetes tipe 2 sampai 55 persen.

Bakteri baik dalam mulut kita mempunyai fungsi yang sangat penting dalam mencerna makanan yang masuk karena akan menghasilkan oksida nitrat yang berfungsi sangat besar dalam keseimbangan kadar insulin dalam tubuh kita. Bila jumlah insulin dalam tubuh kita normal, maka resiko terkena diabetes akan jauh lebih rendah.

Nah bagi kamu yang saat ini lebih memilih menggunakan obat kumur dibandingkan pasta gigi biasa, mungkin bisa berfikir dua kali. Kebanyakan orang menggunakan obat kumur karena alasan ingin mengatasi bau mulut. Memang dengan menggunakan obat kumur akan membuat bau mulut kita terasa lebih segar, namun ternyata ada banyak sekali bakteri baik dalam mulut kita yang juga mati. Padahal bakteri baik ini sangat penting manfaatnya dan bisa mencegah kita terhadap penyakit diabetes.


Artikel Terkait : Bahayakah Menggunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Pemutih ?

Posting Komentar untuk "Benarkah Obat Kumur Bisa Memicu Penyakit Diabetes ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner