Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Ikan Juga Bisa Terjangkit Penyakit TBC, Waspada Saat Konsumsi Ikan !

sumber gambar : http://kesehatan96.blogspot.com

Selama ini mungkin kita hanya mendengar kalau penyakit TBC atau Tuberkulosis hanya bisa diderita oleh manusia saja. Ternyata telah ditemukan bahwa ikan gurami juga bisa mengidap penyakit berbahaya ini. Penemuan ini terjadi di Jawa Barat dan ditemukan oleh Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Kelas II yang ada di Bandung.

Dengan ditemukannya ikan gurami yang positif terjangkit TBC, maka sebaiknya kita waspada dan tak sembarangan membeli ikan. Jika sampai ikan seperti ini kita konsumsi, maka akan bisa menular ke tubuh kita. Padahal TBC adalah salah satu jenis penyakit yang menggerogoti organ paru-paru dan membutuhkan proses yang lama atau berbulan-bulan dalam penyembuhannya.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa untuk mengidentifikasi ikan yang sedang sakit seperti halnya terjangkit TBC memang bukan hal yang mudah. Bahkan dalam kasus tersebut ikan gurami tak tampak menderita sakit, namun setelah di bedah ternyata mengandung TBC. Namun sebenarnya ada beberapa tanda saat seekor ikan mengalami sakit TBC yaitu kurang aktif bergerak, badan lebih kurus, lemas dan lebih sering terpisah dari kawanannya. Selain itu dari pengamatan pada insang juga akan terlihat pucat, lebih kecil, sisik ikan berwarna kurang cerah, selain itu juga bisa ditandai dengan ekor ikan yang patah.


Dengan ditemukannya ikan gurami yang terjangkit TBC ini bukan berarti kita harus menghindari konsumsi ikan. Ikan adalah jenis makanan yang memang sangat kaya nutrisi dan sangat baik bagi kesehatan serta mampu mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya. Namun yang harus kita perhatikan adalah tips memilih ikan yang segar dan sehat.

Posting Komentar untuk "Ternyata Ikan Juga Bisa Terjangkit Penyakit TBC, Waspada Saat Konsumsi Ikan !"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner