Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Membuat Asam Lambung Saat Puasa Meningkat ?



Saat kita menjalankan puasa, maka tidak jarang kita akan merasakan mual yang disebabkan karena meningkatnya asam lambung. Kondisi meningkatnya asam lambung ini dikenal dengan sebutan Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD). Lantas apa yang membuat asam lambung saat puasa meningkat ?

Mengalami asam lambung meningkat saat menjalankan puasa memang membuat kita tidak nyaman. Menurut para ahli, meningkatnya asam lambung yang kerap dialami oleh orang yang berpuasa disebabkan karena ada beberapa kebiasaan yang secara tidak sadar mereka kerjakan saat berpuasa yang ternyata bisa memicu meningkatnya asam lambung.

Kebiasaan yang sering dilakukan orang yang berpuasa adalah tidur setelah makan. Kebiasaan ini sering dilakukan saat sahur. Dengan melakukan tidur saat kondisi lambung penuh, maka akan memicu makanan untuk naik ke esofagus.

Baca Juga : Resah Dengan Mual ? Minum Ini Untuk Mengatasinya
Yang membuat kondisi meningkatnya asam lambung adalah karena perilaku tidur saat lambung dalam keadaan penuh. Pada kasus kejadian GERD, pasien akan merasakan rasa panas yang terjadi di dada bahkan sampai pada sesak.

Secara fisologis, kalau kita melakukan posisi berbaring dalamm keadaan lambung penuh terisi makanan, maka akan membuat katub lambung terbuka yang memicu asam lambung menjadi naik.
Saat seseorang melakukan puasa memang cenderung untuk banyak makan pada saat sahur, malam hari sebelum tidur dan setelah makan sahur. Pada saat itu mereka sering melakukan tidur. Menurut para ahli, jika anda menginginkan kondisi berbaring setelah makan, maka usahakan posisi berbaring tetap lebih tinggi dari lambung untuk menghindari terjadinya GERD.

Lantas bagaimana cara makan yang baik jika kita dihadapkan dengan waktu tidur ? Cara terbaik adalah lakukan kegiatan makan setidaknya 2-3 jam sebelum waktu tidur. Dengan memberikan waktu 2-3 jam, maka anda memberikan kesempatan kepada sistem pencernaan untuk melakukan proses mencerna makanan yang terdapat pada lambung.

Menu makanan saat berbuka dan sahur juga bisa memicu meningkatnya asam lambung. Yang harus kita perhatikan adalah jangan makan berlebihan saat datang waktu berbuka puasa dan hindari menu makanan yang banyak mengandung lemak dan minuman berkafein yang bisa memicu meningkatnya asam lambung.


Artikel Terkait : Cara Membedakan Nyeri Dada Karena Serangan Jantung dan Asam Lambung
Apa Yang Membuat Asam Lambung Saat Puasa Meningkat, penyebab asam lambung meningkat saat puasa, tips mengatasi meningkatnya asam lambung saat puasa, tips mudah mengatasi asam lambung saat puasa

Posting Komentar untuk "Apa Yang Membuat Asam Lambung Saat Puasa Meningkat ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner