Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Jenis Makanan Sehat Yang Bisa Berubah Menjadi Racun Bagi Tubuh



Tahukah kita ada beberapa jenis makanan sehat yang bisa berubah menjadi racun bagi tubuh kita. Selama ini mungkin anggapan kita tidak mungkin makanan yang sehat bisa menimbulkan hal negatif bagi tubuh. Namun ternyata jika kita salah konsumsi, maka bisa menjadi racun bagi tubuh.

Saat kita mengkonsumsi jenis makanan sehat dengan porsi yang cukup, maka aneka manfaat dari makanan tersebut akan bisa diserap dengan baik olah tubuh dan memberikan hasil postif bagi kesehatan kita. Namun ternyata jika kita mengkosumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak, maka saat masuk dalam tubuh akan memberikan efek racun bagi tubuh kita.
Berikut beberapa jenis makanan sehat yang bisa berubah menjadi racun bagi tubuh :

Bayam, bit, dan lobak
Makanan sehat pertama yang bisa berubah menjadi racun bagi tubuh adalah bayam, bit dan lobak. Sudah tidak perlu ditanyakan lagi bahwa bayam, bit dan lobak merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan gizi. Namun ternyata jenis makanan tersebut juga mengandung senyawa oksalat yang tinggi.

Dengan kandungan oksalat yang berfungsi sebagai prebiotik atau sangat baik bagi bakteri sehat dalam usus kita. Namun jika ternyata anda mengalami penyakit batu ginjal, maka konsumsi jenis makanan yang tinggi oksalat akan berdampak negatif.

Baca Juga : Deretan Makanan Yang Menyehatkan Ginjal
Bagi seseorang yang dengan gangguan pada ginjal, maka konsumsi makanan tinggi oksalat akan berdampak ginjal tidak bisa membuangnya. Sebenarnya senyawa ini akan dibuang oleh ginjal saat sudah melalui proses dalam tubuh kita.
Jika anda mengalami masalah pada ginjal, maka saran para ahli untuk menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung oksalat. Anda bisa menggantinya dengan rendah oksalat sebagai contoh kubis dan kembang kol.

Beras merah
Selama ini kita menganggap beras merah identik dengan diet karbo yang baik bagi kesehatan. Namun tahukah kita bahwa, ternyata beras merah termasuk jenis tanaman yang mudah untuk menyerap arsenik dalam tanah. Dengan demikian akan ada banyak penyerapan logam berat  yang ikut terserap.
Kita tahu bahwa arsenik artinya bersifat karsinogen yang akan memicu kanker saat masuk dalam tubuh. Dari segi kesehatan sedikitpun kandungan karsinogen dalam makanan tidak baik bagi tubuh kita.

Meskipun demikian, menurut para ahli yang tergabung dalam environmental working group tidak menyarankan kita untuk menghapus beras merah dari deretan menu diet kita sehari-hari. Yang disarankan adalah jika anda mengkonsumsi beras merah setiap hari, maka coba variasikan dengan menu lain misalnya dengan quinoa, farro atau millet.
Selain itu sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan olahan yang mengandung beras merah setiap hari. Anda bisa mengkonsumsinya sesekali saja. Contoh makanan olahan beras merah seperti sirup beras merah.


Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Menyebabkan Kanker Pada Usus
adakah makanan sehat yang bersifat racun, apa saja makanan sehat yang bisa beracun bagi tubuh, Beberapa Jenis Makanan Sehat Yang Bisa Berubah Menjadi Racun Bagi Tubuh, mengapa makanan sehat bisa menjadi racun jika berlebihan mengkonsumsinya

Posting Komentar untuk "Beberapa Jenis Makanan Sehat Yang Bisa Berubah Menjadi Racun Bagi Tubuh"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner