Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengkonsumsi Jamur Untuk Mencegah Alzheimer dan Demensia

sumber gambar : merdeka.com


Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau mengkonsumsi jamur bisa mencegah dan melawan gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia. Hasil dari studi ini juga sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Journal of Medical Food.
Penelitian tentang manfaat konsumsi jamur ini dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari University of Malaya. Mereka menemukan sebuah senyawa pada jamur yang bisa bermanfaat

mencegah timbulnya peradangan dan menstimulus tumbuhnya saraf otak. Dengan demikian, menurut para peneliti jamur bisa bermanfaat terhadap penyakit demensia dan Alzheimer.
Dengan kandungan senyawa anti-peradangan yang terdapat pada tanaman jamur, maka hal ini sangat bagus untuk mencegah timbulnya penyakit kronik yang erat kaitannya dengan faktor pertambahan usia.
Menurut seorang peneliti yang berasal dari University of Malaya yang ada di Malaysia yang bernama Vikineswary Sabaratnam mengatakan bahwa saat ini jenis obat yang ada untuk mengobati penyakit neurodegeneratif banyak menimbulkan berbagai efek samping. Oleh karena itu dinilai sangat penting untuk menemukan hal baru yang bisa menekan efek samping ini.
Penyakit degeneratif saraf seperti halnya demensia dan Alzheimer merupakan jenis penyakit yang pertumbuhannya cukup tinggi diseluruh dunia. Bahkan para pakar menyebutkan kalau prediksi jumlah penderita penyakit ini pada tahun 2020 kelak mencapai 42 juta kasus yang tersebar di seluruh dunia.
Sebenarnya mengkonsumsi jamur untuk tujuan kesehatan bukanlah hal yang baru. Sejak lama orang mempercayai kalau jamur mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan atau bahkan pengobatan. Dengan kandungan vitamin D yang tinggi pada tanaman jamur, maka akan membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat.

Dengan manfaat anti-inflamasi atau peradangan yang terdapat pada jamur, maka bukan hanya bisa mencegah terhadap penyakit demensia dan Alzheimer saja. Banyak para pakar yang menyebutkan bisa bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit stroke, gagal ginjal, asma dan rheumatoid arthritis.

Baca Juga : 3 Kebiasaan Yang Bisa Menghindarkan Kita Dari Alzheimer
Yang perlu digaris bawahi adalah tak semua jenis jamur bisa kita konsumsi. Ada beberapa jenis jamur yang justru bersifat racun jika kita konsumsi. Salah satu jenis jamur yang disarankan untuk dikonsumsi adalah jenis psilocybin.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Manfaat Secara Umum Mengkonsumsi Jamur Bagi Kesehatan
apa manfaat makan jamur bagi kesehatan, makan jamur bisa mencegah alzheimer, makan jamur bisa mencegah berbagai penyakit, makan jamur bisa mencegah demensia, manfaat jamur bagi kesehatan, Mengkonsumsi Jamur Untuk Mencegah Alzheimer dan Demensia, tips mencegah penyakit alzheimer, tips mencegah penyakit demensia

Posting Komentar untuk "Mengkonsumsi Jamur Untuk Mencegah Alzheimer dan Demensia"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner