Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Ciri Nyeri Pinggang Yang disebabkan Karena Saraf Kejepit


sumber gambar : kompas.com

Bagi orang dewasa, nyeri pinggang menjadi hal yang sering terjadi. Kondisi ini sering kali sembuh dengan sendirinya. Namun bagaimana jika nyeri pinggang tersebut disebabkan karena saraf kejepit ? Apa ciri nyeri yang disebabkan karena saraf kejepit ?
Dalam dunia medis, istilah gangguan saraf kejepit disebut dengan herniated nucleus pulposus (HNP). Menurut para pakar kesehatan, untuk menegakkan diagnosa HNP membutuhkan suatu pemeriksaan yang lebih jauh. Meskipun demikian, para pakar membeberkan ada tiga ciri nyeri punggung yang disebabkan karena saraf kejepit ini.

Nyeri pinggang yang disebabkan karena kekakuan otot biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun pada kasus saraf kejepit, nyeri pinggang biasanya akan muncul kembali saat dibuat beraktivitas. Nyeri bukan hanya terjadi pada punggung saja, tetapi juga bisa menjalar pada kaki dan lutut. Kondisi ini akan bertahan cukup lama.

Baca Juga : Jangan Gunakan Obat Anti Nyeri Untuk Mengatasi Nyeri Lutut
Untuk itu bagi anda yang sering merasakan nyeri pinggang yang sering muncul dan menjalar di berbagai bagian tubuh yang lain, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Kondisi saraf kejepit atau HNP yang dibiarkan begitu saja akan menyebabkan gangguan saat beraktivitas dan bisa menyebabkan kelumpuhan.

Untuk mengobati gangguan saraf kejepit atau HNP tidak harus dilakukan operasi. Bisa juga hanya dilakukan tindakan konservatif dengan posisi tidur di atas sebuah matras yang keras dan didampingi oleh ahli fisioterapi. Bisa juga dengan memberikan obat anti nyeri, radiofrekuensi dan jenis obat suntikan sampai laser.
Banyak orang yang sengaja membiarkan kondisi saraf kejepit dikarenakan takut dilakukan operasi. Kita tahu bahwa orang Indonesia sangat takut sekali dengan istilah operasi. Padahal pengobatan saraf kejepit belum tentu operasi. Saat ini pengobatan saraf kejepit sudah mengalami perkembangan yaitu dengan teknologi laser. Bahkan teknologi ini menurut para pakar kesehatan terbilang lebih efektif dibandingkan dengan radiofrekuensi.

Tindakan ini sering kali diberikan bagi penderita saraf kejepit yang nyerinya bukan hanya terjadi pada pinggang saja, namun sudah menjalar pada bagian kaki dan mengalami penurunan reflek tendon. Tindakan ini juga biasanya diberikan bagi pasien yang sudah berusia lebih dari 50 tahun.


Artikel Terkait : Nyeri Punggung Sulit Hilang Meskipun Sudah Minum Obat Anti Nyeri
apa saja tanda nyeri pinggang karena saraf kejepit, bahaya membiarkan nyeri pinggang karena saraf kejepit, beda nyeri pinggang biasa dengan saraf kejepit, ciri nyeri pinggang karena saraf kejepit, ciri-ciri nyeri pinggang yang disebabkan karena saraf kejepit, ciri-ciri saraf kejepit di pinggang, Kenali Ciri Nyeri Pinggang Yang disebabkan Karena Saraf Kejepit

Posting Komentar untuk "Kenali Ciri Nyeri Pinggang Yang disebabkan Karena Saraf Kejepit"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner