Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Suka Ngemil Bisa Disebabkan Karena Kurang Tidur


Kebiasaan Suka Ngemil Bisa Disebabkan Karena Kurang Tidur


InspirasiBersama.com – Banyak orang yang merasa susah menghentikan kebiasaan ngemil. Kebanyakan dari mereka belum tahu kalau kebiasaan ngemil bisa disebabkan karena tidur. Yang lebih parah lagi adalah banyak diantara mereka ngemil makanan yang berkalori tinggi atau banyak mengandung lemak jahat yang berdampak negatif bagi kesehatan.
Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Chicago yang menyatakan bahwa orang yang mengalami gangguan tidur yang menyebabkan tidur kurang berkualitas akan memicu rasa lapar yang terus-menerus. Akibatnya mereka akan cenderung lebih memilih ngemil jenis makanan ringan yang banyak mengandung lemak, kalori, asin, manis. Beberapa jenis makanan yang disukai biasanya seperti biskuit, keripik, permen dan gorengan.

Menurut seorang dokter Erin Hanton yang berasal dari Universitas Chicago mengatakan saat seseorang mengalami kurang tidur, maka akan menyebabkan sistem endocannabinoid. Apa itu endocannabinoid ? yaitu sebuah senyawa kimia yang timbul akibat kita kurang tidur yang mempunyai sifat seperti ganja yang bisa membuat kita jadi ingin makan terus.
Bagi mereka yang sering mengalami kurang tidur, maka meskipun tubuhnya sudah terpenuhi kebutuhan kalori sekitar 90 persen, mereka akan tetap tidak bisa menahan rasa ingin makan makanan yang dianggap lezat dan menarik.

Selain itu berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa orang yang kurang tidur akan mengalami nafsu makan yang memuncak pada sore hari. Hal ini terjadi meskipun mereka sudah makan siang dalam jumlah yang banyak. Mereka akan terasa lapar sehingga mendorong untuk makan dalam jumlah yang banyak.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa sebagian besar mereka yang mengalami gangguan tidur lebih memilih ngemil makanan yang dikategorikan kurang sehat. Mereka biasanya lebih memilih ngemil makanan tinggi kalori yang tinggi lemak. Jika hal ini berlangsung lama akan menyebabkan resiko obesitas. Dengan tubuh yang obesitas maka kita akan rentan terkena penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes dan stroke.


Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

bisakah kurang tidur menyebabkan obesitas, dampak negatif bagi kesehatan jika kurang tidur, Kebiasaan Suka Ngemil Bisa Disebabkan Karena Kurang Tidur

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Suka Ngemil Bisa Disebabkan Karena Kurang Tidur"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner