Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Tidak Boleh Memaksa Anak Untuk Makan Sampai Habis ?


Mengapa Tidak Boleh Memaksa Anak Untuk Makan

InspirasiBersama.com – Mengapa tidak boleh memaksa anak untuk makan sampai habis ?. Kebanyakan dari orang tua mendidik anaknya untuk tidak menyisakan makanan saat makan. Hal ini disebabkan karena banyak orang diluar sana yang tidak bisa makan. Pendidikan seperti ini memang baik, namun memaksa anak untuk makan sampai habis tidaklah baik bagi anak.

Melihat fenomena yang kebanyakan para orang tua selalu menyuruh anaknya untuk menghabiskan makanan, maka para ahli menyarankan kepada kita untuk menghentikan kebiasaan ini.
Menurut para pakar, menyuruh anak untuk selalu menghabiskan makanan setiap kali makan tidaklah baik bagi perilaku dan psikologis anak. Jika seorang anak selalu mendapatkan tekanan dari orang tua untuk selalu menghabiskan makanan setiap kali makan, maka akan membuat anak mempunyai sifat negatif terhadap makanan.

Dampak memaksa menghabiskan makanan pada anak tidak berhenti pada perilaku dan spikologis anak saja. Ternyata perilaku tersebut juga memicu seorang anak menjadi obesitas.
Menurut salah seorang pakar diet yang berasal dari Los Angeles, AS yang bernama Maggie Moon mengatakan bahwa seharusnya orang tua tidak selalu memaksakan anak untuk menghabiskan porsi makanan yang diberikan. Tugas dari para orang tua hanya menyediakan aneka makanan yang tergolong sehat bagi anak.

Selain itu penting juga sebagai orang tua untuk bisa memberikan berbagai pilihan jenis makanan sehat yang bisa dipilih oleh seorang anak.
Dengan mampu memilih jenis makanan yang hendak dikonsumsi, maka akan melatih seorang anak untuk mengukur rasa lapar mereka dengan porsi makanan yang akan dimakan. Secara tidak langsung akan mendorong anak untuk bertanggung jawab menghabiskan makanan yang dia pilih sendiri.
Itu adalah cara terbaik mendidik seorang anak untuk mampu memahami rasa lapar yang dialami dengan menu makanan yang akan membuatnya kenyang. Yang terpenting adalah jenis makanan yang diberikan adalah menu makanan yang sehat.

Apabila ternyata anak anda tergolong anak yang susah untuk makan, maka sangat disarankan untuk tidak memaksa anak dalam makan. Hal ini akan membuat anak menjadi terpaksa melakukan makan.
Dalam hal ini peranan dan pengetahuan orang tua sangat penting dalam rangka mendidik anak untuk mau makan dengan menu makanan yang sehat dan sesuai dengan pilihan mereka.


Artikel Terkait: Tips Mencegah Anak Agar Tidak Ketagihan Junk Food

cara mengatasi anak yang susah makan, dampak negatif memaksa anak untuk makan, Mengapa Tidak Boleh Memaksa Anak Untuk Makan Sampai Habis, tidak baik memaksa anak untuk habis dalam makan

Posting Komentar untuk "Mengapa Tidak Boleh Memaksa Anak Untuk Makan Sampai Habis ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner