Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Protein Mempunyai Peranan Yang Penting Dalam Membentuk Otot


Protein  Membentuk Otot


InspirasiBersama.com – Dalam rangka membentuk otot yang baik, maka membutuhkan sebuah nutrisi yang sangat dibutuhkan yaitu protein. Protein mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk massa otot kita. Namun tidak cukup disitu saja, untuk membentuk massa otot yang diinginkan membutuhkan program latihan yang rutin untuk dilakukan.

Tahukah kita bahwa saat kita banyak melakukan aktifitas fisik atau program latihan, maka bisa saja membuat sebuah robekan mikro pada otot-otot kita. Untuk mengembalikan bentuk otot seperti semula kita membutuhkan asupan protein.

Ada banyak jenis makanan yang banyak mengandung protein, diantaranya daging merah, ikan, kacang-kacangan, daging unggas, telur dan susu mengandung banyak protein yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Setelah masuk dalam tubuh, maka protein tersebut akan dirubah menjadi asam amino.
Dalam bentuk asam amino inilah kerusakan yang terjadi pada otot bisa diperbaiki kembali. Selain itu asam amino akan memberikan nutrisi bagi otot kita untuk bisa semakin besar dan kuat.
Kondisi ini baru bisa dilakukan jika dalam tubuh kita tersedia asam amino dalam jumlah yang cukup. Kalau jumlahnya kurang maka otot yang robek atau pembesaran massa otot tidak dapat dilakukan. Untuk itu sangat penting sekali untuk memperhatikan asupan protein.

Bagi anda yang mempunyai kebiasaan melakukan olahraga secara teratur, maka para pakar sangat menyarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 20 gram protein setelah berolahraga. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bisa membantu mengatasi kerusakan-kerusakan pada otot selama latihan.

Meskipun demikian, bukan berarti kita harus banyak mengkonsumsi protein secara berlebihan. Kita harus memperhatikan pola aktivitas kita. sesuaikan asupan protein dengan aktivitas fisik yang kita lakukan. Apabila ternyata kita terlalu banyak mengkonsumsi protein, maka protein yang berlebih akan disimpan dalam tubuh menjadi sebuah lemak yang meningkatkan berat badan kita.

Bukan hanya itu saja, kelebihan jumlah protein dalam tubuh juga bisa memicu penyakit seperti asam urat, batu ginjal dan osteoporosis. Lantas bagaimana caranya agar kita tidak mengalami kelebihan protein ? Caranya adalah dengan banyak melakukan olahraga dan minum cukup air putih.

Artikel Terkait : Tips Aman Makan Setelah Olahraga


bagaimana cara meningkatkan massa otot, manfaat protein untuk meningkatkan massa otot, peran protein dalam membentuk massa otot, Protein Mempunyai Peranan Yang Penting Dalam Membentuk Otot

Posting Komentar untuk "Protein Mempunyai Peranan Yang Penting Dalam Membentuk Otot"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner