Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaatnya Makan Dengan Tenang Bagi Kesehatan ?


Makan Dengan Tenang Bagi Kesehatan ?

InspirasiBersama.com – Tahukah anda ternyata makan dengan tenang merupakan trend diet terbaru yang dipercaya mampu mempercepat rasa kenyang sehingga sangat bagus untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Kebanyakan dari kita sering makan dalam kondisi yang tidak tenang yang berujung pada banyaknya makanan yang kita konsumsi. Hal ini akan meningkatkan resiko obesitas.
Hal ini di buktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Brigham Young dan Colorado State yang menyebutkan bahwa saat seseorang dalam kondisi makan mampu mendengar suara kunyahan, kemudian mampu mendengar makanan saat ditelan ternyata memiliki kecenderungan makan dalam porsi yang lebih sedikit. Berbeda dengan mereka yang saat makan ditemani oleh suara TV atau suara yang lain, maka kebanyakan dari mereka makan dalam porsi yang banyak.

Untuk membuktikan pernyataan tersebut, para peneliti melakukan tiga kali percobaan yang berbeda untuk membuktikan bahwa dengan makan lebih tenang akan sangat bagus bagi kesehatan terutama mengurangi konsumsi makan secara berlebih. Mereka menganggap penemuan ini sebagai pola diet terbaru yang mereka sebut sebagai Crunch Effect.

Pada penelitian yang pertama, para peneliti melakukan percobaan dengan memberikan responden pretzel yang diberikan rangsangan suara keras dari handphone saat makan. Hasilnya adalah mereka bisa menghasilkan pretzel sampai 4 buah. Namun berbeda bagi responden lain yang saat makan diberikan suasana yang hening dan tenang, ternyata kebanyakan dari mereka hanya menghabiskan 2,5 buah pretzel.

Dari sini para peneliti menyimpulkan bahwa suara memiliki peranan yang cukup signifikan bisa membuat seseorang makan dalam jumlah yang banyak. Namun para peneliti belum bisa menyimpulkan sampai berapa besar peranannya.

Dari hasil penelitian tersebut, maka jika anda saat ini mencoba menjalani sebuah program penurunan berat badan, maka sangat disarankan untuk makan dalam kondisi yang tenang, tidak tergesa-gesa agar mampu mengontrol jumlah makanan yang anda makan. Dengan melakukan hal itu, maka kita akan cenderung makan dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan saat kita makan dalam suasana yang ramai. Yang terpenting disini adalah bukan berarti kita harus makan dalam lingkungan yang sunyi, tetapi usahakan makan dalam lingkungan yang tenang, sadar dan tidak tergesa-gesa. Dengan makan dalam jumlah yang lebih sedikit, maka akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita karena terhindar dari resiko obesitas.

Itulah jawaban tentang apa manfaat makan dengan tenang bagi kesehatan. Semoga menginspirasi anda untuk makan lebih tenang.

Sumber : Kompas.com



Perawatan Kesehatan berupa Makanan Organik dan Minuman kesehatan Hubungi
Yudi hartoyo Whtshp 085268070123


Artikel Terkait : Tips Cara Menekan Nafsu Makan Yang Besar

Apa Manfaatnya Makan Dengan Tenang Bagi Kesehatan, apa untungnya makan dengan tenang bagi kesehatan, mengapa makan dengan tergesa-gesa tidak bagus bagi kesehatan

Posting Komentar untuk "Apa Manfaatnya Makan Dengan Tenang Bagi Kesehatan ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner