Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Sendi Terasa Kaku Pada Pagi Hari

sumber gambar : blogdetik.com


Bagi anda yang sudah berusia lanjut, tentu sering kali merasakan kaku pada persendian. Kondisi ini kerap kali terjadi pada pagi hari setelah kita bangun tidur. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi ?

Tahukah anda bahwa sebagian besar orang yang sudah berusia lanjut akan mengalami gejala sendi kaku. Kondisi ini menjadi tanda adanya penyakit osteoartritis yaitu suatu pengapuran yang terjadi pada sendi.
Kalau kita membahas secara detail gejala osteoartritis, maka gejalanya akan bervariasi. Kondisi ini sangat dipengaruhi oleh sendi bagian tubuh yang mana dan seberapa tingkat keparahan.
Meskipun demikian, osteoartritis mempunyai gejala yang sangat spesifik berupa munculnya rasa nyeri atau kaku pada persendian yang terjadi pada saat pagi hari setelah bangun tidur.

Yang menyebabkan munculnya rasa nyeri adalah karena terjadi suatu pengapuran pada sendi yang kemungkinan bisa menyebabkan pembengkakan. Kondisi ini tentu akan menyebabkan rasa sakit saat kita beraktivitas.

Baca Juga : Ada 3 Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Nyeri Sendi
Berikut beberapa gejala lain dari osteoartritis menurut para pakar kesehatan :
- Terjadi nya rasa kaku pada persendian yang ternyata tidak bisa hilang meskipun kita sudah beraktivitas fisik. Kondisi ini mengakibatkan gerakan sendi menjadi terbatas.
- Gejala selanjutnya yang sering kali terjadi adanya muncul suara ‘klik’ saat terjadi gesekan sendi saat kita beraktivitas.
- Gejala ketiga bisa muncul pembengkakan pada sendi yang mengalami pengapuran.
- Saat kita buat aktivitas, maka nyeri sendi akan menjadi bertambah.
Secara medis, untuk mendiagnosa adanya osteoartritis biasanya seorang dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan seperti foto rontgen dan memeriksa bagian sendi.

Berdasarkan pengalaman, banyak sekali orang yang tak sadar terdiagnosa psteoartritis. Kondisi ini akan baru terlihat saat mereka melakukan pemeriksaan rontgen.
Bagi mereka yang mengalami masalah persendian ini, biasanya lambat laun akan bertambah parah. Artinya penderita akan merasa nyeri yang tak bisa disingkirkan. Artinya mereka akan terbatas sekali dalam hal melakukan aktivitas fisik.

Meskipun demikian bukan berarti kita hanya bisa diam saja. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah keparahan osteoartritis yaitu dengan tetap aktif bergerak.


Anda bisa melakukan berbagai aktivitas fisik sederhana di rumah seperti berjalan kaki dalam rumah dan melakukan jenis olahraga ringan di dalam rumah. Kegiatan fisik ringan yang seperti ini terbukti bisa mengurangi rasa nyeri dan kekakuan pada sendi sehingga membuatnya lebih fleksibel.

Artikel Terkait : Tips Mengatasi Penyakit Osteoartritis
apa saja gejala osteoartritis, apa yang menyebabkan sendi sering merasa kaku, gejala sering nyeri sendi pada pagi hari, mengapa setelah bangun tidur sendi terasa sakit, mengapa setiap bangun tidur sendi terasa kaku, penyebab osteoartritis pada orang tua, Penyebab Sendi Terasa Kaku Pada Pagi Hari, sering merasa nyeri sendi pada pagi hari

Posting Komentar untuk "Penyebab Sendi Terasa Kaku Pada Pagi Hari"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner