Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berat Badan Berlebih Bisa Picu Siklus Haid Menjadi Tidak Teratur


Siklus Haid Menjadi Tidak Teratur

Bagi para wanita yang mengalami siklus haid tidak normal bisa jadi obesitas adalah menjadi penyebabnya, hal ini telah dikemukakan oleh pakar kesehatan.
Berat badan berlebih berhubungan dengan siklus haid seseorang, ungkap dr M Nurhadi Rahman Sp.OG dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Jika kita mengalami siklus haid yang tidak normal / tidak setiap bulan, maka besar kemungkinan disebabkan oleh berat badan yang berlebih.

Apabila kita mengalami obesitas atau kegemukan, maka sel telur yang kecil-kecil akan membuat tidak seimbangnya hormon pada wanita sehingga untuk urusan datang bulan atau menstruasi menjadi terganggu atau tidak teratur. Menurut dr Nurhadi ini disebut dengan polycystic ovary syndrome (PCOS) yaitu tidak seimbangnya hormon pada wanita yang bisa mengganggu sistem reproduksi seorang wanita.

Menstruasi merupakan sebuah proses hancurnya dinding rahim akibat tidak adanya pembuahan. Pada kasus PCOS, seorang wanita akan mengalami penurunan produksi hormon estrogen.
Kondisi seperti ini tidak memerlukan pengobatan tang serius, tetapi kita harus tetap memperhatikan urusan berat badan kita. Apabila kita tidak ingin mengalami PCOS mau atau tidak mau kita harus menjaga pola makan kita sehingga berat badan kita menjadi ideal.

Caranya dengan melakukan diet secara benar. Tidak dibenarkan melakukan diet secara tidak wajar, misalnya hanya makan 1 piring nasi sehari. Justru perilaku diet seperti ini yang akan menimbulkan masalah baru lagi terhadap kesehatan kita. Cara yang dibenarkan dalam diet adalah mengurangi porsi makan kita, hindari kebiasaan ngemil dengan tetap makan 3 kali sehari. Apabila kita sudah mampu menurunkan berat badan kita menjadi ideal kok masih saja haid kita tidak teratur sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat. Semoga bermanfaat, salam sehat.



Artikel Terkait : Tips Cara Diet Cepat

Berat Badan Berlebih Bisa Picu Siklus Haid Menjadi Tidak Teratur, pengaruh berat badan terhadap siklus menstruasi, pengaruh obesitas terhadap siklus haid

Posting Komentar untuk "Berat Badan Berlebih Bisa Picu Siklus Haid Menjadi Tidak Teratur"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner