Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Jika Seorang Anak Dibiarkan Mengalami Obesitas




Apakah anda termasuk orang tua yang membiarkan seorang anak mengalami obesitas ?. Jika iya, maka anda harus membaca artikel ini. Seorang anak yang mempunyai berat badan yang berlebih atau gemuk memang akan lebih terlihat lucu dan menggemaskan. Namun sebagai orang tua kita tidak boleh membiarkan anak kita terus mengalami peningkatan berat badan bahkan sampai dewasa.
Seorang anak yang sejak kecil sudah mengalami obesitas, maka dampaknya sangat buruk bagi kesehatan. Menurut salah seorang dokter spesialis jantung yang bernama Antonia Anna Lukito mengatakan bahwa seorang anak yang mengalami obesitas akan sangat rentan terkena penyakit jantung. Pada anak yang berusia 10 tahun yang mengalami obesitas sudah akan mempunyai foam cell atau sel busa yang merupakan sel yang banyak terisi kandungan lemak.

Menurut Antonia, sel busa yang muncul sejak usia anak 10 tahun merupakan bakal calon plak yang sangat potensial menghambat aliran darah kita. Saat terjadi penyumbatan aliran darah, maka seseorang tersebut akan beresiko tinggi mengalami serangan jantung.
Obesitas pada anak menurut Antonia sangat erat kaitannya dengan orang tua. Banyak orang tua yang mempunyai anak obesitas karena membiasakan anak dengan menu makanan yang kurang sehat. Selain itu banyak orang tua yang tidak mengajarkan kepada anaknya tentang pentingnya beraktivitas fisik bagi kesehatan. Pola mendidik anak yang seperti inilah yang sering menyebabkan anak menjadi obesitas.

Banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit jantung yang terjadi pada seseorang merupakan faktor keturunan. Padahal penyakit jantung bukan termasuk jenis penyakit yang menurun. Penyakit jantung erat kaitannya dengan pola makan yang tidak sehat.
Apabila seorang anak yang sejak usia kecil sudah mengalami obesitas dan berlangsung sampai dewasa, maka sangat beresiko mengalami penyakit diabetes dan jantung. Bukan hanya itu saja, tumpukan lemak pada anak yang obesitas akan berdampak juga pada terganggunya sistem metabolisme tubuh.

Itulah bahaya jika seorang anak dibiarkan mengalami obesitas sampai usia dewasa. Jika kita termasuk orang tua yang sayang dengan anak, maka sebagai orang tua harus mendidik anaknya untuk mempunyai kebiasaan makan yang sehat dan banyak beraktvitas fisik.

Artikel Terkait : Ini Dia Jenis Makanan Yang Menyebabkan Anak Kita Obesitas

Bahaya Jika Seorang Anak Dibiarkan Mengalami Obesitas, dampak buruk anak yang mengalami obesitas, penyebab anak yang mengalami obesitas

Posting Komentar untuk "Bahaya Jika Seorang Anak Dibiarkan Mengalami Obesitas"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner