Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Orang Kurus Belum Tentu Terbebas Dari Diabetes


Kebanyakan orang menganggap orang yang kurus akan bebas dari diabetes. Memang benar diabetes atau kencing manis lebih disebabkan karena faktor kegemukan atau obesitas. Namun bukan berarti orang yang memiliki tubuh kurus bebas dari diabetes.
Orang kurus yang bagaimana yang juga rentan menderita diabetes ? Menurut salah seorang ahli diabetes yang bernama Prof.Dr. Sidartawan Soegondo, SpPd-KEMD mengatakan jika seseorang yang memiliki bentuk tubuh kurus namun memiliki lingkar pinggang atau perut yang buncit, maka memiliki resiko terkena diabetes.

Ada ukuran standar lingkar pinggang agar kita terhindar dari diabetes. Untuk seorang perempuan, sangat dianjurkan tidak melebihi 80 cm. Sedangkan bagi seorang pria, tidak disarankan memiliki lingkar pinggang lebih dari 90 cm.
Memang benar, kalau kita mengamati seseorang yang terlihat kurus namun ternyata memiliki perut atau lingkar pinggang yang besar. Kondisi ini menunjukkan adanya banyak penumpukan lemak dalam perutnya.

Mengapa timbunan lemak bisa memicu diabetes ? Hal ini disebabkan karena orang yang memiliki banyak timbunan lemak dalam tubuhnya akan membuat insulin menjadi resisten. Kita tahu bahwa fungsi dari insulin adalah melakukan kontrol atau menetralkan kadar gula yang tinggi.
Jika insulin dalam tubuh kita menjadi resisten, maka dapat dipastikan membuat kadar gula darah kita menjadi tinggi. Tingginya kadar gula juga akan terjadi pada pembuluh darah.
Untuk itu meskipun kita memiliki bentuk tubuh yang tidak gemuk, maka tetap disarankan untuk menjaga hidup sehat agar tidak terjadi penumpukan lemak dalam tubuh kita. Apabila anda termasuk orang yang mempunyai keturunan diabetes, maka sangat disarankan untuk rutin melakukan cek kadar gula.

Namun jika ternyata saat ini anda termasuk orang yang tergolong gemuk, maka sangat penting untuk menurunkan berat badan anda. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa dengan menurunkan berat badan 5-10 persen terbukti mampu menurunkan resiko diabetes bahkan sampai 50 persen.

Untuk menurunkan resiko diabetes, sangat penting pula untuk melakukan olahraga secara teratur setiap hari setidaknya 30 menit. Selain itu penting juga untuk menjaga pola makan yang sehat. Dengan melakukan rutin olahraga, maka bisa menurunkan resiko diabetes sampai 27 persen.


Artikel Terkait : Apakah Stres Juga Bisa Memicu Diabetes ?
mengapa orang kurus bisa terkena diabetes, Orang Kurus Belum Tentu Terbebas Dari Diabetes, resiko diabetes bagi orang kurus

Posting Komentar untuk "Orang Kurus Belum Tentu Terbebas Dari Diabetes"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner