Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah Buah Manis dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes ?



Bolehkah buah manis dikonsumsi oleh penderita diabetes ?. Selama ini mungkin anggapan kita lekat dengan orang yang diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan yang manis. Lantas bagaimana dengan buah yang tergolong manis ?.

Menurut salah seorang pakar kesehatan gizi klinik mengatakan bahwa buah manis boleh saja dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes. Namun dalam mengkonsumsinya harus secara langsung atau buah potong. Tidak dianjurkan untuk makan buah dengan diblender atau dibuat jus. Contoh jenis buah manis yang boleh dikonsumsi adalah pepaya, semangka, pisang dll.
Yang menjadi garis bawah adalah buah potong atau makan buah secara langsung tanpa melalui proses lain seperti di jus dan diblender.

Apa yang menyebabkan penderita diabetes tidak dianjurkan untuk makan buah dalam bentuk jus atau blender ? Hal ini disebabkan karena saat penderita makan buah potong secara langsung, maka kandungan gula alami dalam buah akan membuat kenaikan gula darah yang terjadi secara bertahap. Namun jika mereka makan buah yang di jus atau diblender, maka proses penyerapan gula akan terjadi secara cepat yang membuat kadar gula darah cepat mengalami kenaikan.

Kita tahu bahwa pada kasus pasien diabetes tipe-2 mengalami resistensi terhadap insulin. Jika terjadi peningkatan kadar gula darah yang terjadi secara cepat, maka insulin akan sulit untuk melakukan penyerapan. Kondisi ini akan membuat kadar gula darah yang tetap tinggi.

Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat penderita diabetes mengkonsumsi buah manis yaitu tidak berlebihan. Tidak berlebihan ini menjadi sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini juga sangat disarankan bagi anda yang sehat.
Apalagi saat kondisi puasa seperti saat ini yang banyak orang ‘balas dendam’ dalam hal makan dan minum saat berbuka puasa datang. Perilaku ini tidak baik bagi kesehatan yang bisa memicu meningkatnya kadar gula darah kita.

Bagi anda yang menderita diabetes tetap dibolehkan untuk melakukan puasa. Namun penting juga sebelum puasa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang obat-obat yang masih harus diminum saat puasa.


Artikel Terkait : Beberapa Mitos Yang Tidak Benar Tentang Penderita Diabetes
benarkah diabetes boleh konsumsi buah meskipun manis, Bolehkah Buah Manis dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes, jenis buah yang dibolehkan bagi penderita diabetes, makan buah manis bagi penderita diabetes

Posting Komentar untuk "Bolehkah Buah Manis dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner