Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Obat Osteoporosis Malah Menyebabkan Tulang Mudah Rapuh ?

sumber gambar : http://www.necturajuice.com


Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi terbaru menyebutkan bahwa ternyata obat osteoporosis malah bisa menyebabkan tulang kita mudah rapuh (sumber kompas.com) tgl 3 Maret 2017. Benarkah hal ini terjadi ?
Untuk membuktikan hal ini para ilmuwan yang berasal dari Imperial College yang ada di London melakukan sebuah pengujian terhadap struktur tulang pada pasien dengan diagnosa patah tulang area panggul. Diketahui pasien tersebut mendapatkan obat bisphosphonates.

Baca Juga : Bisakah Susu Membuat Tulang Kita Sehat ?
Ternyata setelah beberapa lama para ilmuwan menemukan bahwa pasien yang mendapatkan pengobatan tersebut justru mengalami tulang rentang rapuh atau bahkan patah.
Secara alamiah seiring bertambahnya usia, maka akan terjadi penurunan kepadatan tulang. Terlebih bagi mereka yang sudah masuk usia lanjut. Hal ini erat kaitannya dengan proses penuaan yang terjadi secara alamiah. Namun pada sebagian orang, proses osteoporosis bisa berjalan lebih cepat sehingga membuat kepadatan tulang cepat rapuh yang memicu patah.

Menurut para pakar kesehatan dunia mengatakan bahwa obat jenis bisposphonates merupakan jenis obat yang memang banyak digunakan oleh banyak dokter di dunia untuk penderita osteoporosis. Bahkan obat ini juga dikenal cukup sukses dalam memperlambat proses kerapuhan tulang.
Yang membuat para dokter bingung adalah mengapa masih banyak sekali pasien yang mengalami kejadian patah tulang meskipun sudah mengkonsumsi obat jenis ini dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan latar belakang inilah membuat banyak ilmuwan dunia yang mencoba melakukan sebuah studi. Diketahui para peneliti tersebut telah melibatkan 16 pasien yang didiagnosa mengalami osteoporosis dan mengalami patah tulang.

Para peneliti mencoba membandingkan apakah pasien yang mengkonsumsi obat bisphosphonate mengalami tulang yang lebih kuat dibandingkan dengan pasien yang tidak mengkonsumsinya.
Hasil yang diluar dugaan adalah ternyata pasien yang rutin mengkonsumsi bisphosphonate justru mengalami tulang yang lebih lemah dibandingkan dengan pasien yang tidak mengkonsumsi obat tersebut.

Ini menjadi sebuah hasil studi yang sangat mengejutkan. Meskipun masih dilakukan dalam skala yang kecil, namun itulah hasilnya. Ini menjadi sebuah studi tahap awal oleh banyak ilmuwan untuk melanjutkan penelitian yang lebih besar lagi. Para ilmuwan juga masih menyarankan kepada mereka yang mengkonsumsi obat ini untuk terus melanjutkannya.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Beberapa Makanan Yang Memicu Tulang Keropos
apakah benar obat osteoporosis justru memicu tulang patah, Benarkah Obat Osteoporosis Malah Menyebabkan Tulang Mudah Rapuh, dampak rutin mengkonsumsi obat anti osteoporosis, efek samping mengkonsumsi obat anti osteoporosis, efektivitas obat anti osteoporosis, mengenal obat untuk osteoporosis

Posting Komentar untuk "Benarkah Obat Osteoporosis Malah Menyebabkan Tulang Mudah Rapuh ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner