Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Saat Hamil

sumber gambar : http://www.katalogibu.com

Setiap wanita yang sudah menikah tentunya ingin hamil. Kehamilan menjadi kondisi yang normal pada wanita. Namun bagaimana jika kondisi kehamilan bisa menjadi pemicu munculnya infeksi pada wanita.Bagi seorang wanita yang sedang hamil sangat rentan jika terjadi infeksi. Kondisi ini akan bisa berdampak serius pada bayi atau ibu yang sedang mengandung.

Ada banyak resiko kesehatan jika wanita hamil mengalami infeksi, diantaranya rentan mengalami keguguran, potensial melahirkan bayi prematur, bayi menjadi cacat atau bahkan kematian ibu. Kondisi ini diperburuk lagi dengan adanya efek samping wanita hamil yang mengkonsumsi beberapa obat untuk penyakit infeksi.

Mengapa wanita hamil lebih rentan terhadap infeksi ?
Saat seorang wanita hamil, maka secara normal akan terjadi banyak perubahan dalam tubuh. Perubahan tersebut meliputi sistem kekebalan dan kadar hormon dalam tubuh. Dengan begitu wanita yang sedang hamil terbilang rentan terhadap infeksi.

Perubahan kekebalan tubuh
Kondisi lain yang terjadi pada wanita hamil adalah perubahan sistem kekebalan tubuh. Kita tahu bahwa fungsi dari sistem kekebalan tubuh adalah untuk melawan kuman, bakteri dan virus masuk dalam tubuh. Satu sisi kekebalan tubuh wanita hamil ada yang mengalami pelemahan. Satu sisi lain justru mengalami peningkatan.
Kondisi ini mempunyai maksud yaitu untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi yang sedang dikandung. Jadi keduanya tetap terlindung oleh sistem kekebalan alami yang berasal dari ibu.

Mencegah infeksi pada kehamilan
Lantas bagaimana cara mencegah terjadinya infeksi selama kehamilan ?. Ada banyak hal yang bisa dilakukan ibu di rumah selama hamil yang bisa menurunkan resiko terjadinya infeksi. Dengan begitu kesehatan ibu dan bayi yang dikandung akan tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga : Manfaat Asam Folat Bisa Mencegah Bayi Lahir Cacat
Berikut beberapa hal mudah yang bisa mencegah infeksi pada wanita hamil :

1. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air. Anda bisa melakukan kebiasaan ini setelah masuk kamar mandi, setelah memasak sayur, daging dan membersihkan rumah.
2. Apabila ingin memasak daging, maka disarankan sampai matang. Mengkonsumsi olahan daging setengah matang bagi wanita hamil tidak disarankan karena punya efek samping kesehatan baik bagi ibu maupun bayi yang dikandung.
3. Selanjutnya tidak disarankan untuk sembarangan mengkonsumsi susu mentah atau yang belum melalui proses pasteurisasi.
4. Hal ke empat adalah jangan suka berbagi tempat makan dengan orang lain.
5. Yang patut diwaspadai juga adalah selama hamil untuk melakukan seks aman. Selain itu penting sekali untuk melakukan tes adanya resiko penularan penyakit seksual menular.
6. Selanjutnya disarankan untuk tetap mendapatkan vaksinasi secara teratur sesuai anjuran dokter.
7. Yang terakhir adalah saat ibu hamil sedang sakit, maka jangan sembarangan untuk mengkonsumsi obat. Anda perlu konsultasi dengan dokter untuk menentukan jenis obat yang aman untuk dikonsumsi. Obat sembarangan yang dikonsumsi selama hamil bisa berakibat bayi lahir dengan cacat dan beberapa resiko kehamilan lain.


Artikel Terkait : Jenis Obat Yang Aman dikonsumsi Wanita Hamil
apa yang harus dilakukan agar tidak sampai sakit saat hamil, bagaimana caranya agar terhindar sakit saat hamil, bahaya infeksi saat hamil, cara mencegah terjadinya infeksi saat hamil, solusi mencegah sakit sakit hamil, Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Saat Hamil, tips terhindar sakit saat hamil, tips tetap sehat selama hamil

Posting Komentar untuk "Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Saat Hamil"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner