Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setelah Makan Petai Mengapa Urine Berbau Menyengat ?



Meskipun mempunyai bau yang menyengat, petai masih menjadi idola sebagian besar masyarakat kita. Banyak makanan akan merasa lebih enak jika ditambahin dengan petai. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa setelah kita mengkonsumsi petai urine menjadi menyengat ?

Petai memang mengandung banyak nutrisi yang ternyata sangat baik bagi kesehatan seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor dan kalium. Yang membuat urine berbau menyengat setelah mengkonsumsi petai adalah karena kandungan sulfur yang cukup tinggi pada petai.
Bukan hanya itu saja, dari sebuah hasil penelitian juga disebutkan kalau petai juga mengandung etanol, hydrogen sulfida, asetaldehida dan 1,2,4-trihiolane yang bersifat mudah menguap. Kandungan ini dinilai akan memicu bau yang menyengat pada petai.

Bagi anda yang belum pernah mengkonsumsi petai, perlu diketahui bahwa petai akan mengeluarkan bau yang khas saat kita konsumsi. Sebelum kita memasukkan ke dalam mulut, maka petai akan tampak biasa saja dan tak mempunyai aroma yang menyengat. Hal ini disebabkan karena saat petai masuk ke dalam mulut, maka sistem pencernaan kita akan berusaha memecah komponen petai dengan cara memproduksi methyl mercaptan yang mempunyai bau yang menyengat. Saat komponen ini sudah masuk di ginjal, maka akan diproses sehingga urine kita juga mempunyai bau yang menyengat.

Yang perlu diketahui adalah petai bukan satu-satunya jenis makanan yang bisa memicu bau menyengat pada urine setelah kita mengkonsumsinya. Ada beberapa jenis makanan lain yang juga menyebabkan hal yang sama seperti asparagus.


Baca Juga : Makanan Yang Mengandung Zat Besi Selain Daging Merah

Posting Komentar untuk "Setelah Makan Petai Mengapa Urine Berbau Menyengat ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner