Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bayi Prematur Yang Tetap Mendapatkan ASI

sumber gambar : koran-sindo.com


Kapan seorang bayi dikatakan lahir prematur ?. Istilah prematur diberikan kepada bayi yang lahir sebelum berusia 37 minggu masa kehamilan.
Bayi yang lahir prematur tergolong berbahaya karena berdasarkan data penyebab terbanyak kematian bayi adalah karena lahir secara prematur.
Seorang bayi yang lahir sebelum masanya, akan membuat perkembangan organ bayi belum terbentuk secara sempurna. Dengan begitu membuat bayi prematur rentan mengalami masalah kesehatan.
Dengan demikian bayi yang lahir secara prematur sangat rentan mengalami kematian. Untuk itu seorang bayi prematur sangat membutuhkan ASI untuk mencegah kematian.

Bayi yang lahir prematur memang tidak memiliki kemampuan menghisap ASI yang keluar dari payudara ibu, namun hal ini bisa diganti dengan cara meneteskan ASI pada mulut bayi.
Bagian ASI yang sangat penting bagi seorang bayi yaitu colostrum. Jadi saat ibu bisa mengeluarkan colostrum, maka sebaiknya segera diberikan kepada bayi prematur.
Untuk memberikan cairan colostrum pada bayi yang prematur, caranya tetap sama yaitu dengan meneteskan sedikit demi sedikit pada mulut bayi. Pemberian ASI dan colostrum bagi bayi prematur bisa bermanfaat untuk menguatkan kelenjar-kelanjar tubuh yang mempunyai fungsi meningkatkan daya tahan tubuh serta sangat bagus bagi kesehatan usus bayi.

Secara umum seorang bayi yang lahir kurang dari 30 minggu, makan penanganannya akan diberikan selang untuk minum. Menurut para pakar kesehatan, berapapun usia bayi prematur, pemberian ASI harus tetap diberikan segera mungkin.
Kondisi ini bisa diberikan jika kondisi bayi prematur tidak mengalami masalah yang serius seperti pernapasan yang baik dan secara umum semuanya baik. Setelah semuanya memungkinkan, maka segera berikan ASI.

Baca Juga : Mulai Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih ?
Ciri dari colostrum yang keluar dari susu ibu berupa cairan bening yang keluar setelah ibu melahirkan. Cairan ini kaya akan kandungan nutrisi dan beberapa zat lain yang sangat bagus untuk meningkatkan kekuatan daya tahan bayi, terlebih bagi bayi yang prematur.
Dalam sebuah kisah ada bayi prematur yang lahir di sebuah rumah sakit. Dokter yang menangani menyarankan untuk memberikan ASI. Karena ASI ibu kandung tidak bisa keluar, maka sang dokter menyarankan untuk mendapatkan donor ASI.

Setelah mendapatkan donor ASI, bayi prematur tersebut mengalami perkembangan yang baik. Namun sayangnya beberapa hari kemudian donor ASI terhenti dan bayi mendapatkan susu formula.
Setelah itu ternyata bayi mengalami perut kembung yang membuat kondisi bayi makin menurun dan berujung pada kematian. Kesimpulannya adalah ASI tetaplah nomor satu bagi seorang bayi yang lahir prematur. Apabila donor ASI tidak didapatkan, baru pilihan terakhir adalah susu formula.


Artikel Terkait : Tanda Seorang Wanita Melahirkan Prematur
apakah bayi prematur boleh mendapatkan ASI, ASI bisa menghindarkan bayi prematur dari kematian, cara memberikan ASI pada bayi prematur, dampak jika bayi prematur tidak mendapatkan ASI, manfaat ASI bagi bayi baru lahir, manfaat ASI bagi bayi prematur, Manfaat Bayi Prematur Yang Tetap Mendapatkan ASI

Posting Komentar untuk "Manfaat Bayi Prematur Yang Tetap Mendapatkan ASI"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner