Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencegah Gangguan Pendengaran Saat Menyelam



Bagi anda yang suka menyelam, melihat keindahan bawah laut menjadi hal yang sangat menyenangkan.
Namun yang sering kali terjadi adanya gangguan pada sistem pendengaran kita. Bagaimana tips mencegah gangguan pendengaran saat menyelam ?

Berada dalam kedalaman yang cukup rendah seperti saat menyelam kerap membuat pendengaran kita terganggu. Jangan sampai hobi berenang justru berujung pada rusaknya pendengaran.
Mereka yang punya hobi berenang dan menyelam kerap kali mengeluhkan tentang gangguan pendengaran. Kondisi ini berupa telinga menjadi sering berdengung, nyeri pada bagian telinga dan pendengaran menurun.

Baca Juga : Suara Bising Ternyata Bisa Memicu Penyakit Jantung
Untuk menghindari gangguan pendengaran saat menyelam, maka para pakar kesehatan sangat menyarankan agar bisa belajar teknik equalisasi dan bisa menguasainya.
Bentuk teknik equalisasi yaitu dengan cara mengeluarkan napas melalui hidung atau sambil menelan ludah. Dengan melakukan teknik seperti itu akan membuat tekanan dalam telinga menjadi lebih minimal.

Kita tahu bahwa antara hidung dan telinga mempunyai hubungan yang erat dengan adanya pipa ventilasi.
Selain menguasai teknik equalisasi, yang perlu diperhatikan sebelum menyelam adalah memastikan tidak sedang mengalami pilek atau flu. Saat kondisi tubuh sedang pilek, maka akan membuat banyak lendir dalam saluran hidung dan tenggorokan. Hal ini akan menyulitkan saat melakukan teknik equalisasi.

Saat hidung maupun tenggorokan kita sedang mengalami infeksi, maka akan lebih mudah untuk menjalar ke telinga. Banyaknya cairan yang terdapat pada telinga bisa menyebabkan dorongan pada gendang telinga. Kita tahu bahwa gendang telinga mempunyai lapisan yang tipis, jadi bisa terjadi pecah.
Selain itu, saat anda menyelam dalam laut yang cukup dalam tidak disarankan untuk naik ke permukaan dengan cepat. Yang disarankan adalah naik secara perlahan untuk mencegah terjadinya tekanan yang tinggi pada telinga.


Artikel Terkait : Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Banyak Orang Pada Telinga
cara aman saat menyelam agar tidak merusak telinga, mencegah telinga berdenging saat menyelam, mengurangi resiko gangguan pendengaran saat menyelam, tips aman saat menyelam agar tidak mengganggu pendengaran, Tips Mencegah Gangguan Pendengaran Saat Menyelam, tips mencegah masalah pendengaran saat menyelam

Posting Komentar untuk "Tips Mencegah Gangguan Pendengaran Saat Menyelam"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner