Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Konsumsi Karbohidrat Agar Sehat ?


Cara Konsumsi Karbohidrat Agar Sehat


InspirasiBersama.com – Kebanyakan dari kita apabila melakukan program diet akan menghindari beberapa makanan yang kaya karbohidrat misalnya nasi, kentang dan pisang. Hal ini dikarenakan mereka takut berat badannya akan naik saat mengkonsumsi karbohidrat.

Bagaimana cara konsumsi karbohidrat agar sehat ?
Memang sulit kalau kita menghindarkan menu karbohidrat dari menu makan kita. Ini dikarenakan kita sudah terbiasa sejak kecil selalu konsumsi karbohidrat seperti nasi setiap harinya. Namun ada beberapa cara mengkonsumsi karbohidrat agar tetap menyehatkan, begini caranya :

Rebus nasi dengan minyak kelapa, kemudian dinginkan
Sebenarnya apabila kita mengkonsumsi karbohidrat, protein dan lemak sehat secara seimbang akan berdampak sehat bagi kesehatan terutama untuk menurunkan berat badan.
Ada tips memasak nasi putih agar kandungan kalorinya bisa turun yaitu dengan cara merebus nasi putih dengan menggunakan minyak kelapa kemudian anda dinginkan. Hal ini mampu menurunkan setengah dari jumlah kalori yang terkandung dalam nasi, ungkap seorang peneliti dari Sri Langka’s Cllege of Chemical Science.

Caranya adalah rebus air sampai mendidih kemudian tambahkan satu sendok teh minyak kelapa, kemudian anda bisa menambahkan beras putih sebanyak setengah cangkir. Masaklah selama 40 menit, kemudian dinginkan nasi selama 12 jam.

Makan pisang yang tak terlalu matang
Pisang yang tidak terlalu matang ternyata mengandung sumber pati resisten yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan pati resisten mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik pada pencernaan atau biasa disebut sebagai prebiotik. Anda bisa makan pisang yang tak terlalu matang untuk mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan terutama bagi pencernaan.

Makan kentang yang sudah dingin
Kentang yang dimakan dalam kondisi dingin memiliki kandungan pati resisiten yang lebih tinggi dibandingkan saat kita makan dalam kondisi panas atau hangat. Hal ini berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Advences in nutrition yang dilakukan pada pasien ileostomy.

Dengan memasak kentang beserta kulitnya membuat kentang kaya akan serat dan antioksidan yang sangat bagus bagi kesehatan kita terutama bagi pencernaan.


Artikel Terkait : Benarkah Nasi Bisa Memicu Obesitas ?

Bagaimana Cara Konsumsi Karbohidrat Agar Sehat, cara makan karbohidrat yang sehat, cara mengolah karbohidrat agar sehat saat dikonsumsi

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Konsumsi Karbohidrat Agar Sehat ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner