Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Vegetarian Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung ?


Benarkah Vegetarian Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung ?

InspirasiBersama.com – Anggapan sebagian besar orang dengan melakukan vegetarian, maka kita akan memiliki kesehatan yang lebih baik. Ini memang ada benarnya. Namun bagaimana jika vegetarian dilakukan dalam jangka waktu yang lama ? Benarkah vegetarian meningkatkan resiko penyakit jantung ?Berdasarkan sebuah hasil riset menyatakan bahwa kegiatan vegetarian yang dilakukan dalam kurun waktu yang lama bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah DNA.
Adanya gangguan pada DNA yaitu mudah terkena peradangan akan membuat tubuh kita lebih banyak menyerap asam lemak yang berasal dari tanaman. Peningkatan penyerapan asam lemak ini akan membuat produksi asam arachidocic menjadi meningkat sehingga bisa memicu peradangan bahkan kanker.

Peningkatan produksi asam arachidocic akan menyebabkan tubuh kita tidak bisa memproduksi omega 3 yang berfungsi sebagai pelindung alami tubuh dari berbagai macam penyakit jantung.
Kondisi ini diperparah dengan kebiasaan masyarakat sekarang lebih banyak menggunakan minyak sayur yang kaya akan kandungan omega 6 yang sebenarnya mempunyai efek yang tidak baik bagi kesehatan. Yang dibutuhkan oleh tubuh kita adalah omega 3 yang banyak kita peroleh dari ikan dan kacang-kacangan.

Dalam sebuah hasil studi yang lain menemukan bahwa mereka yang melakukan diet vegetarian memiliki resiko 40 persen lebih tinggi terhadap penyakit kanker usus besar. Resiko itu lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang lebih sering konsumsi daging. Namun dari hasil studi ini para dokter masih bingung dikarenakan banyak makan daging dikenal bisa meningkatkan resiko kanker.
Selain itu orang yang melakukan diet vegetarian dalam jangka waktu yang lama juga beresiko mengalalmi kekurangan asupan protein, zat besi, kalsium, vitamin B12 dan vitamin D. Selain itu berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa kepadatan pelaku vegetarian juga lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak vegetarian.

Memang saat kita melakoni vegetarian akan menghindarkan kita dari banyak makanan yang banyak mengandung lemak jahat, kolesterol, gula dan zat-zat lain yang berbahaya. Namun jika kebiasaan ini kita lakukan secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama maka memiliki efek yang negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Sumber : Kompas.com


Artikel Terkait : Mengapa Tubuh Manusia Membutuhkan Asupan Lemak ?
adakah efek samping melakukan vegetarian, bahaya vegetarian jika dilakukan dalam waktu yang lama, Benarkah Vegetarian Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Posting Komentar untuk "Benarkah Vegetarian Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner