Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Obesitas Bisa Disebabkan Oleh Paparan Lampu Pada Malam Hari


Paparan Lampu Pada Malam Hari


InspirasiBersama.com – Untuk membuktikan adanya pengaruh paparan lampu pada malam hari terhadap obesitas, para peneliti yang berasal dari University of Haifa melakukan sebuah penelitian dengan bantuan satelit militer AS yang kemudian akan dihubungkan dengan data WHO tentang obesitas. Hasil penelitian tersebut ternyata obesitas bisa disebabkan oleh paparan lampu pada malam hari.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Ternyata saat seseorang mendapatkan paparan lampu pada malam hari terutama menjelang waktu tidur, maka akan bisa merangsang seseorang untuk sering makan. Hal ini dinilai kurang baik karena pada malam hari tubuh kita mengalami perlambatan metabolisme.
Dalam penelitian ini, para peneliti belum bisa membuktikan secara langsung hubungan cahaya lampu secara langsung dengan obesitas. Selain itu para peneliti juga belum bisa menyimpulkan apakah paparan cahaya yang ditimbulkan dari gadget dan televisi juga bisa mempengaruhi tingkat obesitas seseorang.

Namun yang pasti adalah adanya paparan sinar lampu yang terang pada malam hari akan berpengaruh pada hormon melatonin dalam tubuh kita. Hormon melatonin merupakan hormon yang sangat baik untuk mengatur siklus tidur manusia.

Selain itu adanya cahaya terang pada malam hari juga akan berpengaruh pada siklus tidur seseorang menjadi sering terbangun pada saat kita tidur. Hal ini akan mengganggu ritme alamiah tubuh kapan saat istirahat dan kapan saat terbangun.

Dalam penelitian ini hubungan antara paparan lampu pada malam hari terhadap obesitas mampu berpengaruh sebesar 73 persen pada seorang wanita, sedang bagi seorang pria sekitar 68 persen.

Penelitian kali ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya yang meneliti tentang penggunaan barang elektronik pada malam hari menjelang tidur dengan resiko peningkatan berat badan.
Menurut salah seorang peneliti yang bernama Laura Fonken yang berasal dari University of Colorado mengatakan paparan cahaya pada malam hari sangat erat hubungannya dengan metabolisme tubuh yang terus melambat sehingga menimbulkan penumpukan.

Untuk itu para peneliti sangat menyarankan kita untuk disiplin dalam tidur sekaligus menghindari paparan cahaya yang ditimbulakn oleh lampu dan berbagai macam barang elektronik pada malam hari terutama menjelang waktu tidur.
Anda cukup membuat suasana kamar anda redup saat menjelang tidur dan mematikan penggunaan gadget atau elektronik lainnya menjelang kita tidur. Itu sudah termasuk langkah yang bagus untuk mengurangi resiko penurunan berat badan.

Selain itu dengan mematikan lampu dan menghindari penggunaan barang elektronik sebelum tidur akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur kita pada malam hari. Hal ini sangat bagus bagi kesehatan kita.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Meningkatnya Nafsu Makan Juga Bisa Disebabkan Kurang Tidur

cahaya lampu yang berlebihan bisa memicu peningkatan berat badan, pengaruh cahaya lampu terhadap obesitas, Ternyata Obesitas Bisa Disebabkan Oleh Paparan Lampu Pada Malam Hari

Posting Komentar untuk "Ternyata Obesitas Bisa Disebabkan Oleh Paparan Lampu Pada Malam Hari"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner