Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Orang Gemuk Memiliki Resiko Tinggi Mudah Lupa ?


Benarkah Orang Gemuk Memiliki Resiko Tinggi Mudah Lupa ?


InspirasiBersama.com – Banyak orang yang bertanya benarkah orang gemuk memiliki resiko tinggi mudah lupa ?. Jawabnya adalah benar. Hal ini sesuai dengan hasil sebuah penelitian yang dilakukan di University of Cambrigde. Dalam penelitian tersebut didapatkan bahwa para responden yang memiliki BMI diatas 25, maka saat dilakukan tes daya ingat nilainya lebih rendah 15 persen dibandingkan dengan para responden yang mempunyai BMI kurang dari 25.
Dalam hal ini para peneliti belum mengetahui secara pasti mengapa orang yang gemuk lebih mengalami penurunan daya ingat diandingkan dengan tidak gemuk. Namun para peneliti mencurigai hal ini disebabkan karena banyaknya tumpukan lemak pada orang obesitas yang mampu menghambat ketajaman otak.

Para peneliti mencurigai saat terjadi peningkatan lemak yang tinggi dalam tubuh seseorang, maka secara alami akan mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Hal inilah yang mungkin menyebabkan neuron otak tidak bisa bekerja dengan baik.
Saat neuron otak tidak mampu bekerja dengan maksimal, maka otak kita akan menurun dalam hal kognitif atau kemampuan daya ingat. Anda akan mengalami kesulitan mengingat apa yang sudah anda lakukan misalnya makan dan minum. Jika ini yang terjadi maka anda sangat berpotensi untuk mengalami peningkatan berat badan tubuh.

Apabila anda sering mengalami lupa tentang apa yang sudah anda makan, maka sangat disarankan untuk membuat acara makan anda berkesan untuk menghindari lupa. Anda bisa melakukan foto saat makan atau mencatat apa yang sudah anda makan barusan. Jika anda tidak mampu mengingat kalau anda sudah makan, maka anda akan berpotensi untuk makan berlebih yang bisa meningkatkan obesitas.

Kebiasaan sering menfoto saat makan kemudian anda upload di sosial media memberikan dampak yang positif bagi mereka yang melakukan program diet. Hal ini sudah dilakukan sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam International Journal of Consumer Studies. Dengan sering melakukan foto selfie saat makan membuat kita ingat tentang apa saja yang sudah kita makan sehingga kita bisa merenungkannya.

Jadi benarkah orang gemuk memiliki resiko tinggi mudah lupa ? jawabnya adalah benar. Dan jika anda sudah sering lupa, maka sangat berpotensi untuk mengalami peningkatan berat badan yang lebih dari saat ini.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Bisakah Orang Gemuk Menjadi Sehat ?

Benarkah Orang Gemuk Memiliki Resiko Tinggi Mudah Lupa, bisakah obesitas menyebabkan orang mudah lupa, hubungan antara obesitas dengan resiko lupa

Posting Komentar untuk "Benarkah Orang Gemuk Memiliki Resiko Tinggi Mudah Lupa ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner