Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hormon Yang Menyebabkan Berat Badan Meningkat

Hormon Yang Menyebabkan Berat Badan Meningkat


InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa peningkatan berat badan terjadi karena ketidak seimbangnya hormon dalam tubuh kita. Saat itu akan ada banyak tumpukan lemak, sering menjadi lapar dan parahnya nafsu makan juga meningkat.
Banyak hormon yang berperan dalam berat badan manusia. Untuk itu kita harus menjaga keseimbangan hormon yang ada dalam tubuh kita agar kita terhindar dari obesitas atau kelebihan berat badan yang bisa memicu banyak masalah kesehatan.

1. Kortisol
Pasti kita pernah mengalami stres, cemas dan rasa takut. Saat itulah akan ada banyak hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Dengan meningkatnya hormon kortisol maka mendorong kita untuk bertindak dengan cepat.

Mengapa saat seseorang mengalami stres justru nafsu makannya akan meningkat ? karena saat ada kelebihan sekresi hormon kortisol maka kandungan gula darah akan banyak yang diubah menjadi lemak. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan berat badan.
Untuk menghindari peningkatan hormon kortisol maka kita dituntut untuk tidak sering mengalami stres. Bagaimana caranya ? anda harus rutin melakukan olahraga karena akan bisa melepaskan hormon yang bisa membuat kita tidak cemas dan stres.

2. Tiroid
Saat kita kekurangan hormon tiroid yang berfungsi menghasilkan hormon T3 dan T4, maka maka tubuh kita akan mengalami perlambatan metabolisme. Karena fungsi dari hormon T3 dan T4 adalah untuk mengatur metabolisme tubuh manusia.

Kekurangan hormon tiroid bisa disebabkan oleh kekurangan asupan yodium, selenium, zat besi, zinc dan tembaga. Adapun tanda-tanda kalau kita kekurangan hormon tiroid adalah terjadi kelelahan, sangat sensitif terhadap suhu dingin, sembelit, kulit menjadi kering, wajah menjadi bengkak, suara menjadi serak, nyeri otot dan meningkatnya kadar kolesterol.



Perawatan Kesehatan berupa Makanan Organik dan Minuman kesehatan Hubungi
Yudi hartoyo Whtshp 085268070123


Artikel Terkait : Dampak Stres Terhadap Kesehatan Kulit

hormon pemicu berat badan meningkat, Hormon Yang Menyebabkan Berat Badan Meningkat, hubungan hormon dengan berat badan

Posting Komentar untuk "Hormon Yang Menyebabkan Berat Badan Meningkat"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner