Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Beberapa Masalah Yang Menyerang Kelenjar Tiroid



Kelenjar tiroid yang berada pada leher kita memiliki peranan yang sangat penting dalam memproduksi hormon. Apabila tiroid mengalami masalah maka akan terjadi gangguan keseimbangan hormon dalam tubuh. Ada beberapa masalah yang sering menyerang kelenjar tiroid.
Salah satu hormon yang diproduksi kelenjar tiroid adalah hormon tiroid yang sangat berperan dalam mengatur metabolisme tubuh. Hormon ini melakukan banyak kontrol terhadap aktivitas tubuh yang meliputi pembakaran kalori dan detak jantung.

Berikut beberapa masalah yang menyerang kelenjar tiroid :

1. Hipotiroid
Artinya kelenjar tiroid mengalami penurunan fungsi atau kurang aktif sehingga hormon yang dihasilkan juga sedikit sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh
2. Hipertiroid
Suatu kondisi dimana kerja tiroid terlalu aktif sehingga menyebabkan produksi hormon yang terlalu tinggi. Ini juga tidak bagus bagi kesehatan.
3. Nodul tiroid
Artinya adanya gumpalan yang menempel pada kelenjar tiroid sehingga mengganggu fungsi dari tiroid. Sampai saat ini belum diketahui penyebab pastinya.
4. Goiter
Artinya kelenjar tiroid mengalami suatu pembesaran.
Gejala-gejala
Orang yang mengalami hipotiroid biasanya akan mengalami gejala mudah lelah, depresi, rambut rontok, kulit menjadi kering, sulit untuk melakukan konsentrasi, nafsu makan menurun dan tidak tahan terhadap suhu dingin. Bagi seorang wanita juga biasanya mengalami menstruasi yang tidak teratur.
Bagi mereka yang menderita hipertiroid memiliki gejala sering mengalami keringetan, tremor, sering mengalami insomnia, mudah untuk grogi, sering melakukan BAB, sulit untuk berkonsentrasi serta sakit pada sendi.
Bagi mereka yang mengalami goiter akan memunculkan gejala adanya pembesaran pada bagian leher bawah bagian depan. Goiter biasanya tidak menimbulkan rasa sakit namun pembesaran pada leher akan mengganggu esofagus, pembuluh darah dan trakea. Oleh karena itu penderita goiter sering mengalami batuk yang konstan dan sakit saat menelan.
Penyebab
Untuk penyebab hipertiroid bisa disebabkan oleh karena penggunaan obat seperti amiodaron. Ada juga yang disebabkan karena konsumsi yodium secara berlebihan, serta adanya penyakit autoimun dan adanya kanker tiroid. Kalau hipotiroid lebih disebabkan oleh karena kekurangan konsumsi yodium serta penggunaan obat hipertiroid yang tidak sesuai dosis.

Nodul tiroid sering disebabkan oleh karena faktor genetik dan seringnya terkena paparan radiasi. Bagi anda yang mengalami kekurangan asupan yodium akan menyebabkan goiter atau gondok. Disamping itu goiter juga bisa disebabkan karena kebiasaan merokok.


Artikel Terkait : Hormon Yang Menyebabkan Berat Badan Meningkat
apa saja masalah yang sering terjadi pada tiroid, Berikut Beberapa Masalah Yang Menyerang Kelenjar Tiroid, kelainan pada kelenjar tiroid

Posting Komentar untuk "Berikut Beberapa Masalah Yang Menyerang Kelenjar Tiroid"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner