Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batasan Mengkonsumsi Telur Dalam Seminggu

sumber : detik.com - takaran mengkonsumsi telur dalam seminggu


Batasan mengkonsumsi telur dalam seminggu. Makanan yang sering dijadikan lauk oleh sebagian besar masyarakat ini memang mempunyai rasa yang enak. Tak heran  jika telur menjadi menu lauk yang sangat digemari banyak kalangan mulai anak-anak sampai orang dewasa. Namun dibalik itu semua, tak sedikit orang yang khawatir jika terlalu banyak konsumsi telur bisa memicu tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa banyak kita boleh mengkonsumsi telur dalam seminggu ?. Dalam sebuah kutipan yang berasal dari Womens Health Mag menyebutkan bahwa mengkonsumsi telur sebanyak 8 sampai 12 butir dalam seminggu masih dianggap wajar secara kesehatan. Ini artinya bahwa mengkonsumsi 2 butir telur dalam sehari masih terbilang aman. Namun sayangnya banyak orang menambahkan banyak tambahan pada olahan telur seperti daging atau keju sehingga memicu peningkatan jumlah kalori yang bisa menyebabkan resiko peningkatan berat badan.

Kolesterol dalam telur
Banyak orang khawatir mengkonsumsi telur yang dikaitkan dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Dalam sebuah butir telur berukuran besar ternyata mengandung kolesterol sebanyak 186 mg. Banyak kalangan dengan jumlah segitu akan mempengaruhi kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

Tahukah kita bahwa berdasarkan pendapat American Heart Association menyebutkan bahwa peningkatan kolesterol pada tubuh lebih utama disebabkan karena asupan makanan yang kaya kandungan lemak jenuh dan bukan karena makanan yang kaya kandungan kolesterol. Oleh karena itu para pakar kesehatan lebih menyarankan untuk membatasi konsumsi lemak jenuh harian. Sebaiknya anda menguranginya sebanyak 13 gram saja.

Berbicara tentang kandungan lemak jenuh dalam telur, maka dalam sebuah butir telur akan mengandung 1,6 gram lemak jenuh. Namun jika anda memasak telur dengan cara yang salah seperti menggunakan minyak yang sudah pernah digunakan atau dicampur dengan daging atau keju, maka tentu kandungan lemak jenuh ini akan meningkat.

Itulah penjelasan tentang batasan mengkonsumsi telur dalam seminggu yang perlu kita perhatikan. Yang tak kalah penting adalah cara mengolah telur yang benar sehingga tidak membuat kandungan lemak jenuhnya meningkat yang bisa memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah.


Artikel Terkait : Kandungan Kalori Pada Putih Telur
Batasan Mengkonsumsi Telur Dalam Seminggu, berapa banyak makan telur dalam seminggu, makan telur dalam seminggu, mengkonsumsi telur dalam seminggu, takaran makan telur dalam seminggu, takaran mengkonsumsi telur dalam seminggu

Posting Komentar untuk "Batasan Mengkonsumsi Telur Dalam Seminggu"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner