Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kemoterapi Bisa Menyebabkan Rambut Rontok ?

sumber ; hellosehat.com - rambut rontok pasca kemoterapi


Mengapa kemoterapi bisa menyebabkan rambut rontok ? Mungkin anda pernah mendengar kata ‘kemoterapi’. Ini adalah istilah pengobatan secara medis yang dilakukan pada pasien dengan penyakit kanker. Pengobatan kemoterapi ini bisa berlangsung beberapa kali sesuai instruksi dokter guna membunuh sel kanker di dalam tubuh. Namun kita juga mendengar keluhan orang yang menjalani kemoterapi yaitu rambutnya menjadi rontok. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Meri kita bahas lebih detail ya. Kemoterapi memang menjadi pengobatan medis yang sangat diandalkan guna membunuh sel kanker yang ada di dalam tubuh. Namun sayangnya efek dari kemoterapi ini bukan hanya bisa membunuh sel kanker saja, tetapi juga bisa semua sel sehat yang ada di dalam tubuh termasuk rambut.

Salah satu sel tubuh yang mengalami perkembangan dengan sangat cepat adalah folikel rambut yang secara normal mampu tumbuh 23 sampai 27 jam sekali. Dengan perkembangan yang terbilang cepat inlah membuat sel folikel rambut sering ikut menjadi terget kemoterapi. Kondisi ini akan membuat sel folikel rambut menjadi rusak.

Mereka yang menjalani kemoterapi tidak akan langsung merasakan efek rambut yang rontok. Namun setelah beberapa minggu pasca kemoterapi, mereka akan merasakan rambut yang mulai rontok. Seiring berjalannya waktu, proses rambut rontok akan semakin banyak dan tak jarang sampai menyebabkan kebotakan.

Itulah penyebab mengapa kemoterapi bisa menyebabkan rambut rontok. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini
efek samping kemoterapi, Mengapa Kemoterapi Bisa Menyebabkan Rambut Rontok, penyebab rambut rontok pada pasien kemoterapi, rambut rontok akibat kemoterapi, rambut rontok saat kemoterapi

Posting Komentar untuk "Mengapa Kemoterapi Bisa Menyebabkan Rambut Rontok ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner