Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Tahu Bulat Menyehatkan Bagi Tubuh ?




Maraknya penjualan tahu bulat disekitar lingkungan kita membuat banyak orang mencari tahu apakah tahu bulat menyehatkan bagi tubuh ?. Tidak dipungkiri bahwa saat ini tahu bulat menjadi makanan ringan yang populer dan banyak masyarakat kita yang menyukainya. Harganya yang murah serta cara berjualan yang unik dengan menggunakan mobil bak terbuka membuat banyak orang untuk tertarik membelinya.

Proses penjualan tahu bulat dinilai sangat unik. Saat kita membelinya, maka saat itu pula tahu bulat baru digoreng oleh penjual sehingga kita bisa menikmatinya dalam kondisi yang masih hangat dan gurih. Dengan metode yang demikian, membuat omset penjualan tahu bulat sangat tinggi.

Meskipun banyak orang yang suka akan jajanan tahu bulat, namun ternyata jajanan ini masih dikategorikan belum sehat. Mengapa demikian ? Hal ini disebabkan karena proses penggorengan yang menggunakan wajan besar, dengan minyak banyak yang terus dipanaskan akan membuat perubahan kimia pada minyak menjadi minyak trans yang tidak sehat bagi tubuh kita. Penumpukan banyak lemak trans dalam tubuh akan memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita.

Ungkapan yang sama datang dari seorang dokter spesialis gizi klinik yang berasal dari FKUI yang bernama dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, Sp.GK. Beliau mengatakan bahwa minyak sayur yang dipakai untuk menggoreng tahu bulat yang dipanaskan secara terus  akan membuat minyak berubah menjadi minyak tidak jenuh ganda yang nantinya akan berubah menjadi lemak trans. Padahal dalam sehari kita tidak boleh konsumsi minyak trans lebih dari 1%.

Sebenarnya yang membuat jajanan ini tidak sehat adalah proses pengolahannya yang menggunakan pemanasan minyak yang terus dipanaskan. Namun kalau tahunya sendiri tergolong jenis makanan yang menyehatkan karena terbuat dari bahan alami yaitu kedelai yang sangat banyak mengandung protein yang sangat bagus bagi tubuh.

Menurut dr Fistuti, untuk memasak tahu kita bisa mengolahnya dengan cara menumis dengan menggunakan minyak yang sedikit. Hal ini dinilai lebih menyehatkan dibandingkan dengan cara menggoreng dengan menggunakan minyak yang digunakan secara berulang.


Artikel Terkait : Bahaya Gorengan Terhadap Penyakit Jantung dan Solusinya
Apakah Tahu Bulat Menyehatkan Bagi Tubuh, dampak buruk sering konsumsi tahu bulat yang digoreng, ternyata tahu bulat tidak sehat bagi tubuh

Posting Komentar untuk "Apakah Tahu Bulat Menyehatkan Bagi Tubuh ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner