Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Mitos Yang Tidak Benar Bagi Penderita Diabetes




Bagi seseorang yang sudah divonis menderita diabetes pastinya akan melakukan banyak pantangan dalam konsumsi makanan. Banyak diantaranya mereka yang sudah tidak lagi mengkonsumsi makanan yang menurutnya enak. Bahkan mereka menganggap menu makan tersebut sebagai musuh yang harus dihindari. Tahukah kita, bahwa ada banyak mitos yang tidak benar bagi penderita diabetes, diantaranya :

Gula adalah penyebab diabetes
Mitos pertama yang tidak benar bagi penderita diabetes adalah gula adalah penyebab dari diabetes. Kebanyakan dari mereka yang menderita diabetes menganggap bahwa gula merupakan penyebab utama seseorang menjadi diabetes. Padahal anggapan ini adalah salah. Gula atau glukosa bukan penyebab utama orang menderita diabetes. Penyebab terjadinya diabetes adalah karena insulin yang tidak bisa berfungsi secara baik dalam menurunkan kadar gula dalam tubuh. Yang harus diperhatikan bagi penderita diabetes adalah asupan kalori.

Banyak pantangan makan
Orang yang menderita diabetes harus banyak pantangan makanan adalah mitos. Orang yang sudah positif diabetes, maka dibolehkan konsumsi berbagai jenis makanan. Yang harus diperhatikan adalah tetap berusaha menjaga kadar gula darah tetap stabil. Untuk menghindari peningkatan kadar gula darah, sebaiknya anda mengatur menu makan dan sesuaikan dengan aktivitas kita.

Tak boleh menyantap karbohidrat
Mitos selanjutnya tentang penderita diabetes adalah tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat. Karbohidrat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia termasuk penderita diabetes.

Yang harus kita lakukan adalah membatasi asupan karbohidrat agar tidak menimbulkan peningkatan kadar gula darah. Pada makanan yang mengandung karbohidrat juga banyak mengandung beberapa nutrisi lain yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita misalnya vitamin, serat dan mineral.
Baca Juga : Apakah Stres Bisa Memicu Diabetes ?

Protein sahabat pengidap diabetes
Anggapan yang salah berikutnya tentang penderita diabetes adalah menganggap protein sebagai sahabat dalam makanan dan karbohidrat sebagai musuh besar yang harus dihindari. Ini adalah tidak sepenuhnya benar, hal ini dikarenakan jika kita mengkonsumsi protein bersama dengan lemak maka akan menimbulkan resiko buruk bagi kesehatan jantung kita.

Obat bikin pengidap diabetes bebas makan tanpa aturan
Mitos yang tidak benar selanjutnya tentang penderita diabetes adalah obat akan membuat penderita diabetes bebas untuk menyantap menu makanan tanpa aturan. Ini merupakan anggapan yang salah. Bukan berarti kalau kita menambah jumlah dosis obat diabetes, maka kita bebas konsumsi makanan apa saja yang kita inginkan.

Mempunyai pola makan sembarangan bagi penderita diabetes sangat tidak disarankan bagi penderita diabetes meskipun dosis obat sudah dinaikkan. Anda harus tetap mengatur takaran menu makanan agar kadar gula tetap dalam kondisi stabil.

Selamat tinggal makanan favorit
Bagi anda yang menderita diabetes bukan berarti mengucapkan selamat tinggal bagi makanan favorit. Anda masih tetap dibolehkan mengkonsumsi makanan favorit anda. Namun yang harus kita perhatikan sekali lagi adalah takaran jumlah serta cara pengolahan yang sehat. Misalnya mengganti cara memasak yang sebelumnya digoreng menjadi dipanggang dll.

Makanan penutup adalah musuh
Mitos yang salah lagi bagi penderita diabetes adalah tidak boleh mengkonsumsi makanan penutup. Penderita diabetes masih dibolehkan konsumsi makanan penutup misalnya es krim, buah-buahan maupun yogurt. Yang harus diperhatikan adalah takaran jumlah makanan penutup yang kita makan.

Wajib makan menu khusus diabetes
Anggapan yang salah tentang penderita diabetes adalah harus mengkonsumsi menu khusus bagi penderita diabetes. Ini adalah sebuah mitos yang tidak benar. Mereka tetap boleh mengkonsumsi makanan tertentu asalkan tetap memperhatikan jumlah karbohidrat, kalori, jenis makanan, lemak dan protein.

Pengidap diabetes tak boleh ngemil
Mitos terakhir yang salah tentang penderita diabetes adalah pengidap diabetes tidak boleh ngemil. Orang yang sudah mengidap diabetes dibolehkan melakukan ngemil. Namun yang harus diperhatikan adalah ngemil makanan yang sehat serta memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita. Justru dengan ngemil bisa membuat kadar gula darah penderita diabetes menjadi stabil.


Artikel Terkait : Dampak Kadar Gula Tinggi Bisa Merusak Organ Seksual
anggapan yang salah tentang jenis makanan yang boleh dikonsumsi penderita diabetes, Beberapa Mitos Yang Tidak Benar Bagi Penderita Diabetes, tips makan bagi penderita diabetes

Posting Komentar untuk "Beberapa Mitos Yang Tidak Benar Bagi Penderita Diabetes"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner