Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Yang Sangat Mempengaruhi Kenaikan Berat Badan Bayi



Kalau kita mengamati seorang bayi yang baru lahir, maka kita akan melihat peningkatan berat badan yang dibilang cepat. Peningkatan berat badam bayi akan meningkat dengan cepat pada tiga bulan pertama setelah dilahirkan. Setelah tiga bulan berlalu, maka pertumbuhan berat badan bayi akan menurun tidak seperti pada tiga bulan pertama. Faktor apa yang sangat mempengaruhi kenaikan berat badan bayi.

Peningkatan berat badan bayi pada tiga bulan pertama biasanya sekitar 700 gram pada setiap bulannya. Setelah tiga bulan berlalu, maka peningkatan berat badan bayi hanya sekitar 400-600 gram setiap bulannya.

Untuk itu menurut dokter spesialis anak yang bernama dr. Wiyarni Pambudi, SpA mengatakan bagi para orang tua saat pertumbuhan berat badan bayi melandai, maka anda jangan panik dan berharap bayi anda bisa naik 1kg tiap bulannya. Patokannya adalah kalau sudah berusia 5 bulan, maka setidaknya berat badan bayi mencapai dua kali lipat saat lahir. Sedangkan saat anak mencapai usia 1 tahun, maka setidaknya berat badannya mencapai tiga kali lipat berat badan saat lahir.

Jika anda mendapati berat badan bayi anda tidak mengalami kenaikan, maka sebagai orang tua disarankan jangan panik terlebih dahulu. Ada banyak aspek yang mempengaruhi berat badan bayi. Salah satu faktor yang paling menentukan kenaikan berat badan bayi adalah faktor asupan nutrisi. Anda harus membedakan asupan makanan bayi yang berusia kurang dari 6 bulan dengan bayi yang berusia lebih dari 6 bulan.

Jika ternyata anak anda berusia dibawah 6 bulan, maka orang tua harus memperhatikan asupan ASI. Anda harus memastikan asupan ASI bayi anda cukup. Jika anak anda berusia lebih dari 6 bulan, maka perhatikan asupan MPASI anak anda.

Selain itu jika seorang anak berusia 6 bulan tidak mengalami kenaikan berat badan, maka jangan terlebih dulu memberikan banyak vitamin atau yang lebih lagi anda memberikan susu formula. Bagi bayi usia kurang 6 bulan sangat tidak disarankan hal yang demikian.
Perlu anda ketahui bahwa bagi seorang bayi yang berusia kurang dari 6 bulan, maka ASI adalah makanan yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Anda tidak perlu memberikan nutrisi tambahan seperti formula.

Jika anda memberikan nutrisi tambahan susu formula bagi bayi usia kurang dari 6 bulan, maka bayi anda bisa beresiko mengalami alergi. Selain itu sistem pencernaan bayi usia kurang dari 6 bulan masih belum sempurna untuk menerima makanan selain ASI. Saat bayi anda diberikan ASI, maka perilaku menyusui bayi akan berkurang padahal ASI sangat bagus bagi pertumbuhan bayi.

Artikel Terkait : Mulai Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih ?

apa saja yang mempengaruhi peningkatan berat badan bayi, Faktor Yang Sangat Mempengaruhi Kenaikan Berat Badan Bayi, pentingnya ASI bagi peningkatan berat badan bayi

Posting Komentar untuk "Faktor Yang Sangat Mempengaruhi Kenaikan Berat Badan Bayi"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner