Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada Akan Tanda-tanda Demensia



Bagi seseorang yang mengalami demensia tentu sangat mengganggu sekali. Bagaimana tidak, mereka yang terjangkit demensia akan mengalami penurunan memori dan kognitif pada otak. Bahkan pada sebagian orang demensia bisa membuat kualitas hidup mereka menjadi menurun. Untuk mengantisipasi hal ini, kita harus waspada pada tanda-tanda demensia.

Memang demensia biasanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut. Meskipun dapat dinilai sebagai hal yang wajar pada lansia, namun banyak orang yang ternyata tidak sadar kalau dirinya mengalami demensia. Mereka menganggap bahwa apa yang terjadi seperti penurunan daya ingat, kemampuan berfikir yang menurun menjadi hal yang normal karena faktor usia.

Tahukah kita bahwa demensia merupakan jenis penyakit yang sampai saat ini belum ada obatnya. Dan menurut para ahli, demensia bukan merupakan penyakit yang disebabkan karena proses alami penuaan.
Untuk mengantisipasi demensia, mari kita kenali tanda-tanda demensia yang banyak orang tak sadar :

1. Hilang ingatan sesaat
Tanda pertama seseorang mengalami gejala demensia adalah sering mengalami lupa tentang apa yang dilakukannya sesaat. Artinya mereka mampu mengingat hal-hal yang sudah lama dilakukan, namun hal-hal yang barusan dilakukan terkadang lupa. Ini menjadi sebuah tanda awal kalau anda mengalami demensia.

2. Sulit berkomunikasi
Tanda kedua adalah sering mengalami kesulitan saat berkomunikasi. Terkadang kita melihat ada seseorang yang merasa sulit untuk berkomunikasi dengan menggunakan kata-kata yang sebenarnya umum diucapkan. Mereka juga kerap mengalami kesulitan dalam merangkai kata-kata saat berkomunikasi.

3. Perubahan suasana hati
Mungkin perubahan suasana hati itu wajar terjadi pada setiap orang. Namun jika anda sering mengalami perubahan suasana hati yang bersifat ektrim, misalnya mendadak depresi atau marah, maka bisa dicurigai anda mengalami gejala demensia.
Baca Juga : Apa Tanda-tandanya Kalau Kita Mengalami Stres

4. Apatis
Tanda demensia selanjutnya adalah munculnya sifat apatis. Yaitu rasa tak peduli terhadap lingkungan sehari-hari yang sering kita alami. Munculnya sifat apatis bisa jadi tanda kalau seseorang mengalami demensia.

5. Sulit melakukan tugas sehari-hari
Terjadi kesulitan dalam menjalankan kegiatan rutin sehari-hari yang biasanya mudah untuk dilakukan menjadi salah satu tanda seseorang mengalami gejala demensia.

6. Kebingungan
Tanda ke enam seseorang mengalami gejala demensia adalah sering merasa kebingungan. Bingung cara melakukan kegiatan sehari-hari meskipun biasanya kita sudah lakukan. Mungkin juga merasa bingung menangkap inti dari sebuah cerita sederhana, atau sering mengalami sulit menangkap inti pesan yang diberikan oleh lawan bicara kita.

7. Melakukan aktivitas berulang
Tanda selanjutnya adalah mereka yang demensia biasanya sering melakukan hal yang padahal sudah dikerjakan barusan. Mereka merasa belum melakukan hal tersebut, padahal pekerjaan itu sudah dia lakukan dalam beberapa saat yang lalu.

8. Lupa jalan pulang
Tanda-tanda demensia terakhir yang harus kita waspadai adalah sering merasa lupa akan jalan pulang. Sering kita melihat seseorang yang sudah lanjut mengalami hal yang demikian. Ini tergolong demensia yang berat.


Artikel Terkait : Lakukan Kebiasaan Ini Agar Terhindar Dari Alzheimer
apa saja tanda-tanda seseorang mengalami demensia, cara mengenali gejala demensia, Waspada Akan Tanda-tanda Demensia

Posting Komentar untuk "Waspada Akan Tanda-tanda Demensia"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner