Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisakah Seorang Wanita Yang Menderita Kanker Reproduksi Hamil ?

sumber gambar : http://bidanku.com

Bagi setiap wanita tentunya tidak menginginkan tidak punya anak. Namun bagi kalangan wanita yang menderita kanker, terutama pada organ reproduksi tentunya khawatir apakah peluang hamil masih tetap ada ?.Menjawab pertanyaan ini, kami mengutip dari sebuah harian detik.com yang berasal dari salah seorang dokter RSPAD Gatot Subroto  yang bernama dr Toto Imam S.SpOg (K) Onk mengatakan bahwa wanita dengan kanker pada organ reproduksi masih ada peluang untuk hamil. Kondisi ini juga berlaku bagi mereka yang menjalankan program kemoterapi.

Kondisi ini sangat bergantung pada prosedur operasi yaitu dengan tetap mempertahankan organ reproduksi sang wanita. Jadi saat dilakukan operasi, maka tim dokter akan tetap mempertahankan organ rahim dan indung telur penderita, tentunya yang masih dalam kondisi normal atau sehat.
Bagi wanita penderita kanker organ reproduksi juga masih bisa kemungkinan hamil. Kemoterapi yang dilakukan memang memberikan efek pada tubuh, namun efek ini bersifat sementara. Seiring dengan waktu maka efek dari kemoterapi ini akan hilang dengan sendirinya sehingga potensi kehamilan masih tetap ada.

Menurutnya, waktu yang terbilang aman untuk bisa hamil bagi penderita kanker reproduksi adalah satu tahun pasca melakukan kemoterapi terakhir. Dalam kenyataannya juga ada wanita yang bisa hamil hanya enam bulan pasca melakukan kemoterapi yang terakhir. Dan saat kelahiran juga tidak terdapat kelainan pada bayi yang dilahirkan.
Sumber : detik.com

Artikel Terkait : Tips Mencegah Kanker Serviks dan Payudara Pada Wanita

apa yang terjadi jika wanita mengalami kanker reproduksi, Bisakah Seorang Wanita Yang Menderita Kanker Reproduksi Hamil, dampak buruk kanker reproduksi yang menyerang wanita, kanker reproduksi pada wanita, peluang hamil bagi wanita yang menderita kanker reproduksi, potensi kehamilan wanita yang menderita kanker reproduksi, prosentase kehamilan wanita yang menderita kanker reproduksi

Posting Komentar untuk "Bisakah Seorang Wanita Yang Menderita Kanker Reproduksi Hamil ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner