Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menangani Korban Luka Bakar Yang Benar ?

sumber gambar : http://www.kulitcantik.com


Kisah meninggalnya para pekerja pabrik mercon yang berada di Kosambi menjadi pelajaran yang berharga bagaimana cara menangani korban luka bakar yang benar. Dalam kejadian tersebut dipastikan ada belasan orang yang tewas dan beberapa orang pekerja juga menjadi korban luka bakar yang serius dan sedang mendapatkan penanganan di rumah sakit.
Yuk simak tips menangani korban luka bakar yang benar :

Luka bakar tingkat satu
Pada ketegori luka bakar tingkat satu, penderita hanya mengalami kerusakan pada bagian kulit saja. Hal ini bisa kita amati dengan munculnya lemerahan pada kulit, adanya pembengkakan, rasa yang perih serta adanya peradangan. Jika ternyata luka bakar masuk pada tingkat satu, maka cara menanganinya cukup mudah yaitu dengan cara menyirankan air dingin pada luka bakar. Perlu diketahui bahwa menyiram luka bakar dengan menggunakan es adalah hal yang tidak disarankan karena bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit.
Luka bakar tingkat dua

Untuk tingkat luka bakar selanjutnya ada yang namanya tingkat dua. Pada kategori ini luka bakar bisa dibilang cenderung lebh parah karena bisa sampai muncul lepuhan, rasa sakit yang lebih dan kemerahan. Saat kita amati, maka luka bakar yang terjadi terlihat lebih basah. Untuk pertolongan pertama yang harus dilakukan tetap disarankan untuk menyiram dengan air dingin mengalir setidaknya selama 15 menit.Untuk tindakan selanjutnya bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri dan dikombinasikan dengan antibiotik. Namun untuk menentukan jenis obat yang tepat, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Luka bakar tingkat tiga
Untuk kategori yang terakhir adalah yang paling parah dan berbahaya. Mereka yang mengalami luka bakar tingkat tiga ini tak akan lagi bisa merasakan rasa sakit yang disebabkan karena kerusakan saraf. Untuk luka bakar tingkat tiga ini sangat disarankan untuk segera membawa korban ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan cepat dan tepat yang bisa meningkatkan harapan kesembuhan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mencuci Tangan Yang Benar ?

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menangani Korban Luka Bakar Yang Benar ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner