Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Zinc ?



Apa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan zinc ?. Untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat, maka kita memerlukan asupan makanan yang banyak mengandung zinc atau seng. Tubuh kita membutuhkan asupan zinc yang cukup.
Bagaimana jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc ?. Saat kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc, maka bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan misalnya mual, muntah dan gangguan pada usus.
Pentingnya asupan zinc ini disebutkan dalam sebuah hasil studi  dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition yang menyatakan bahwa apabila seseorang kekurangan zinc, maka akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang terbilang tidak terdeteksi.

Ada banyak gangguan yang akan kita alami jika mengalami defisiensi zinc mulai dari masalah pada saluran pernapasan bawah, malaria dan diare. Bukan hanya itu saja, menurut WHO kondisi kekurangan asupan zinc juga kerap menyebabkan gangguan pada proses menyusui, gangguan pada berbagai organ dan bisa menyebabkan kematian.
Selain itu banyak gangguan kesehatan yang juga dikaitkan dengan kekurangan asupan zinc yang banyak orang tidak menyadarinya yaitu proses penyembuhan jerawat yang lama, gangguan pada neurologis dan menyebabkan kerontokan rambut.

Dalam sebuah studi yang lain yang dilakukan pada hewan menyebutkan bahwa kekurangan asupan zinc pada hewan bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang bersifat jangka pendek.
Gangguan yang terjadi pada hewan akibat defisiensi zinc menyebabkan beberapa gangguan kesehatan yang gejalanya hampir tidak terlihat. Gangguan tersebut akan menyebabkan perubahan pada hati dan darah hewan.

Saat kekurangan zinc menyerang pada saluran pencernaan, maka penderita bisa mengalami penurunan nafsu makan, sulit mencerna makanan yang masuk sehingga membuat tubuh kesulitan untuk menyerap nutrisi yang masuk, sehingga akan menyebabkan  berat badan turun.
Untuk menghindari kekurangan asupan zinc, maka kita bisa mengatasinya dengan sering mengkonsumsi telur yang kaya akan kandungan zinc. Selain telur, ada beberapa makanan yang lain yang banyak mengandung zinc yaitu daging, makanan laut, biji-bijian, kacang polong dan lentil.


Artikel Terkait : Kekurangan Asupan Vitamin Bisa Menyebabkan Kegemukan
apa manfaat zinc bagi kesehatan, Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Zinc, dampak negatif jika tubuh kekurangan zinc, gangguan kesehatan yang disebabkan karena kekurangan zinc, jenis makanan yang banyak mengandung zinc

Posting Komentar untuk "Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Zinc ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner