Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gigi Sensitif Akan Rentan Kambuh Saat Berpuasa



Mengalami ngilu pada gigi sensitif saat berpuasa menjadi hal yang sangat mengganggu. Apalagi rasa ngilu terjadi pada saat berbuka puasa yang merupakan saat-saat yang kita tunggu karena seharian kita sudah menahan lapar dan dahaga. Kondisi ini terjadi karena adanya rangsangan makanan yang manis serta minuman dingin yang biasanya kita santap saat berbuka puasa.

Seseorang yang mengalami gigi sensitif, maka terjadi pengelupasan lapisan dentin gigi yang membuat saraf gigi lebih rentan untuk tersentuh lingkungan luar seperti makanan dan minuman. Jenis makanan yang sering menyebabkan rasa ngilu pada gigi sensitif adalah makanan yang dingin, panas, pedas, manis dan asam.

Penyebab lain yang membuat gigi sensitif sering kambuh pada saat berpuasa adalah dikarenakan menurunnya produksi air liur pada mulut yang membuat perlindungan pada gigi menurun. Menurunnya produksi urin disebabkan karena menurunnya asupan makanan karena puasa.
Apakah rasa ngilu pada gigi sensitif bisa dicegah ? Bisa. Caranya adalah dengan memilih pasta gigi yang dikhususkan untuk gigi sensitif. Setelah menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, selanjutnya anda bisa menggunakan obat kumur atau mouthwash khusus gigi sensitif. Carilah jenis obat kumur yang tidak mengandung alkohol sehingga bisa melindungi gigi sensitif kita selama berpuasa seharian.

Apabila kita menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol, maka akan membuat masalah gigi sensitif lebih serius. Kandungan alkohol dalam obat kumur justru akan merusak jaringan lunak pada gigi.

Obat kumur yang khusus untuk gigi sensitif biasanya mengandung potassium nitrat yang mempunyai manfaat melindungi gigi terhadap rasa ngilu. Disamping mengandung potassium nitrat, obat kumur gigi sensitif juga mengandung fluoride yang mampu mencegah agar gigi tidak mudah berlubang.


Artikel Terkait : Bagaimana Cara Mengusir Bau Mulut Saat Puasa 
apa yang menyebabkan gigi sensitif ngilu saat puasa, Gigi Sensitif Akan Rentan Kambuh Saat Berpuasa, mengapa gigi sering ngilu saat berpuasa

Posting Komentar untuk "Gigi Sensitif Akan Rentan Kambuh Saat Berpuasa"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner