Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Infeksi Jamur Ada Yang Bisa Menyebabkan Kematian ?


Infeksi jamur menurut sebagian besar orang menjadi gangguan kesehatan yang tidak berbahaya bagi tubuh. Hal itu memang benar, secara umum infeksi jamur memang tidak berbahaya. Namun ternyata tidak semua jamur demikian, ada jenis jamur tertentu yang berbahaya saat menjangkit di tubuh manusia.

Biasanya kebanyakan wanita akrab dengan infeksi jamur ini. Hal ini disebabkan karena seorang wanita sering mengalami keputihan yang disebabkan karena infeksi jamur. Penyebab umum keputihan pada wanita lebih disebabkan karena jenis Candida Albicans.
Namun baru-baru ini sebuah Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang berasal dari Amerika (CDC) menemukan tipe infeksi jamur terbaru yang lebih berbahaya namun mirip dengan albicans yang sering terjadi pada wanita. Jenis jamur ini tergolong berbahaya karena kebal terhadap jenis obat-obatan anti jamur yang banyak dijual.

Sebenarnya penemuan ini bukan yang pertama kalinya. Pada tahun 2009 sudah pernah ditemukan jenis jamur yang sama di Jepang. Jenis jamur tersebut adalah auris yang dikenal sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan kematian.
Kalau jenis jamur albicans, biasanya suka dengan tempat yang lembab seperti pada bagian genital dan mulut. Tetapi kalau jamur jenis auris ini lebih sering ditemukan pada saluran kencing dan saluran pernapasan. Kondisi ini akan menyebabkan infeksi yang serius pada bagian kulit, menimbulkan luka dan berdarah.

Yang menjadi kekhawatiran kita adalah menurut laporan CDC hampir kebanyakan rumah sakit di dunia belum mempunyai alat untuk mendeteksi jenis jamur berbahaya ini. Maka tidak heran jika perkembangan penyakit yang disebabkan karena infeksi jamur ini terus meningkat. Dan berdasarkan data sekitar 60 persen penderitanya berakhir dengan kematian.

Untuk itu kita harus waspada akan perkembangan jenis virus auris yang berbahaya ini. Seseorang yang dirawat dalam jangka waktu yang lama juga sangat rentan untuk terinfeksi virus jenis ini. Selain itu orang yang melakukan operasi dan pemasangan kateter juga tinggi resikonya.

Untuk mencegah penularan infeksi jemur auris ini, maka sangat disarankan kepada layanan kesehatan untuk memperhatikan kebersihan alat-alat kedokteran yang digunakan agar tidak menjadi penyebar dari jenis jamur ini.


Artikel Terkait : Empat Hal Yang dilarang dilakukan Pada Vagina
Benarkah Infeksi Jamur Ada Yang Bisa Menyebabkan Kematian, infeksi jamur yang bisa menyebabkan kematian, jenis jamur yang berbahaya bagi tubuh, jenis jamur yang bisa menyebabkan kematian

Posting Komentar untuk "Benarkah Infeksi Jamur Ada Yang Bisa Menyebabkan Kematian ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner