Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Minuman Panas Bisa Menyebabkan Kanker ?



Ada anggapan bahwa minum minuman yang sangat panas bisa menyebabkan kanker, benarkah demikian ?. Menurut pendapat Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa minuman yang sangat panas bisa menyebabkan kanker kerongkongan. Bukan hanya itu saja, 25 tahun yang lalu WHO juga menyatakan bahwa minuman kopi bisa menyebabkan kanker.

Sebanyak 23 ilmuwan yang tergabung dalam Badan International WHO untuk penelitian kanker yang bernama IARC menyatakan bahwa jenis minuman yang memiliki suhu lebih dari 65 derajat tergolong jenis minuman yang beresiko karsinogenik atau menyebabkan kanker bagi manusia.
Pernyataan ini didasarkan beberapa kali studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dibanyak negara yang mempunyai kebiasaan sering minum air panas seperti Cina, Turki dan Amerika Selatan.
Dari hasil studi di beberapa negara tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi jenis minuman yang tergolong sangat panas bisa menyebabkan resiko kanker esofagus.

Bukan hanya terjadi pada manusia saja, kelompok ilmuwan WHO juga melakukan uji terhadap beberapa hewan yang diberikan minuman panas lebih dari 65 derajat ternyata meningkatkan resiko terjadinya tumor.
Minum-minuman yang sangat panas memang bukan menjadi penyebab utama terjadinya kanker esofagus. Namun menurut para ilmuwan beberapa kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol diduga menjadi penyebab utama kanker esofagus.

Kebanyakan angka penderita kanker esofagus banyak terjadi di Asia, Amerika Selatan dan Afrika Timur. Hal ini disebabkan pola kebiasaan yang buruk seperti merokok, minum alkohol dan suka minum-minuman yang panas.
Untuk itu sangat disarankan bagi kita untuk tidak sering minum minuman yang terlalu panas. Sebaiknya kita membiarkannya terlebih dahulu sampai sedikit dingin baru kita minum. Dengan demikian kita bisa terhindar dari resiko kanker esofagus.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait :Dampak Buruk Minuman Berenergi Bagi Takanan Darah dan Kesehatan Jantung
bahaya minuman panas jika kita minum, bahaya sering minum minuman panas bagi kesehatan, Benarkah Minuman Panas Bisa Menyebabkan Kanker, bisakah minuman panas menyebabkan resiko kanker, mengapa kita tidak boleh minum minuman yang masih panas

Posting Komentar untuk "Benarkah Minuman Panas Bisa Menyebabkan Kanker ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner