Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Gejala Sindrome Karpal Tunnel


Mengenal gejala sindrome karpal tunnel. Banyaknya penderita sindrome karpal tunnel lebih disebabkan karena gaya hidup orang modern yang sering menggunakan gadget. Mungkin istilah karpal tunnel belum banyak orang yang mengetahuinya.
Saat seseorang mengalami sindrome karpal tunnel, maka saraf median akan mengalami tertekan dan menyebabkan rasa nyeri. Kondisi ini biasanya disebabkan karena seringnya menggunakan gadget, terutama bagi wanita lebih besar resikonya untuk terkena sindrome karpal tunnel.

Apabila kita menderita diabetes, gout, artritis, hipotiroid dan pernah mengalami patah tulang pada pergelangan tangan, maka kita lebih rentan untuk mengalami sindrome karpal tunnel.
Sifat dari gejala sindrome karpal tunnel ini bersifat hilang timbul dan tidak terjadi secara terus-menerus. Biasanya lebih sering terjadi saat kita melakukan aktivitas yang melibatkan pergelangan tangan seperti menyetir, bermain gadget, melukis dan baca koran.

Berikut gejala sindrome karpal tunnel :

1. Seperti ditusuk jarum
Gejala pertama dari karpal tunnel adalah terasa nyeri seperti ditusuk jarum pada daerah jari-jari. Namun sifat dari gejala karpal tunnel bersifat perlahan. Biasanya sering terjadi pada malam hari dan setelah bangun tidur. Pada siang hari sering kali nyeri muncul saat kita beraktivitas bermain gadget, membaca buku dan menyetir.
2. Kelemahan
Jika sindrome karpal tunnel berkembang lebih lama, maka akan menyebabkan kelemahan yang terjadi pada telunjuk dan dua jari. Kondisi lemahnya jari akan tampak saat kita berusaha untuk memegang benda kecil atau mengancingkan baju yang terjadi kesulitan.
3. Gangguan sensasi
Pada tahap yang lebih lanjut lagi, gejala dari sindrome karpal tunnel akan menyebabkan hilangnya sensasi (panas dan dingin). Sebelum terjadinya gangguan sensasi atau kepekaan, biasanya akan terjadi pembengkakan.

Artikel Terkait : Gejala Asam Urat Yang Sering Diabaikan


apa saja gejala dari karpal tunnel, gejala utama sindrome karpal tunnel, Mengenal Gejala Sindrome Karpal Tunnel

Posting Komentar untuk "Mengenal Gejala Sindrome Karpal Tunnel"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner