Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Tidak Semua Lemak Berbahaya Bagi Kesehatan ?


Saat kita berbicara tentang lemak, maka persepsi kebanyakan orang akan menilai negatif. Padahal tidak semua lemak berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Ada jenis lemak yang justru berdampak positif bagi kesehatan kita.
Jadi kalau kita mendengar ada anjuran kesehatan untuk menghindari lemak, maka artinya itu jenis lemak yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk jenis lemak yang baik kita tetap disarankan untuk mengkonsumsinya.

Tahukah kita bahwa konsumsi lemak jahat dalam berbagai studi lebih dikaitkan dengan resiko kematian seseorang. Jenis lemak yang berbahaya bagi kesehatan adalah lemak jenuh dan lemak trans. Kedua jenis lemak tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah kita sehingga bisa memicu penyakit jantung.

Namun ada jenis lemak yang justru sangat baik bagi kesehatan tubuh kita yang bernama lemak tidak jenuh dan lemak tak jenuh ganda. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung lemak baik adalah minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak kedelai, berbagai macam ikan laut, kacang-kacangan, dan kedelai termasuk tahu dan tempe.
Lemak yang tak berbahaya bagi kesehatan atau yang justru dibutuhkan oleh tubuh mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu seperti pada minyak zaitun ternyata juga mengandung vitamin E dan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.


Sedangkan untuk jenis lemak jahat dan lemak trans yang harus kita hindari banyak terdapat pada jenis makanan yang digoreng seperti gorengan, daging merah, mentega, susu dll. untuk itu jika ingin terhindar dari penyakit jantung dan stroke maka kita harus kurangi konsumsi jenis makanan yang mengandung lemak jahat.

Artikel Terkait : Mengapa Tubuh Manusia Membutuhkan Asupan Lemak ?
Benarkah Tidak Semua Lemak Berbahaya Bagi Kesehatan, jenis lemak yang bermanfaat bagi tubuh, lemak jahat dan lemak baik, manfaat lemak bagi kesehatan tubuh, mengenal jenis lemak baik bagi tubuh

Posting Komentar untuk "Benarkah Tidak Semua Lemak Berbahaya Bagi Kesehatan ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner