Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menilai Berat Badan Kita Sehat atau Tidak


Cara Menilai Berat Badan
sumber gambar : www.jaringnews.com

InspirasiBersama.com – Kalau kita membahas tentang berat badan maka tidak akan ada putusnya. Banyak sekali orang yang mengalami gangguan berat badan dan ingin sekali untuk menurunkannya. Ada juga orang yang merasa berat badan sudah ideal, namun mengapa perut masih terlihat buncit. Nah untuk menilai apakah berat badan kita sudah sehat atau belum, maka anda perlu membaca informasi ini.

Untuk menilai apakah berat badan kita sekarang ini termasuk kategori sehat, maka menurut International Journal of Obesity ada 4 cara yang bisa kita gunakan. Ayo kita ukur masing-masing ya apakah berat badan kita sekarang ini sudah sehat atau belum :
Lingkar pinggang
Cara mengukur tingkat kesehatan berat badan yang pertama adalah dengan cara melihat lingkar pinggang. Dengan melihat bagian ini maka kita bisa mengetahui apakah banyak penumpukan lemak pada bagian perut. Jika iya, maka kita memiliki resiko penyakit jantung dan diabetes.

Bagaimana cara mengukurnya ? Caranya adalah dengan bantuan pita pengukur anda lingkarkan melewati tulang pinggul sampai melewati pusar. Bagi anda seorang wanita, maka ukuran lingkar pinggang yang normal adalah kurang dari 80 cm. Namun bagi seorang pria maksimal 90 cm.

Denyut jantung istirahat
Cara yang kedua adalah dengan cara mengukur denyut jantung saat kita istirahat atau tidak beraktivitas. Kita harus mengetahui berapa kali permenit denyut nadi manusia normal. Normal denyut nadi orang dewasa dalam keadaan istirahat adalah 60 sampai 100 kali / menit. Jika ternyata lebih atau kurang dari nilai normal, maka disarankan untuk memeriksakan ke dokter.

Persentase lemak tubuh
Cara selanjutnya adalah dengan mengetahui tingkat persentase lemak dalam tubuh kita. Dengan mengetahui hal ini, maka kita bisa mengetahui jumlah kelebihan lemak dalam tubuh kita. nilai normal persentase lemak seorang wanita adalah 20 sampai 32 persen. Sedangkan bagi seorang pria sekitar 8 sampai 15 persen saja.

Tingkat metabolisme basal
Cara ke empat untuk menilai berat badan kita sehat atau tidak adalah dengan cara mengukur tingkat metabolisme basal. Untuk mengukur tingkat metabolisme basal dalam tubuh kita, kita harus mengetahui tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, tingkat aktivitas, usia dan jumlah kalori yang dikonsumsi.
Baca Juga : Tips Jitu Mengurangi Asupan Kalori Yang Benar

Dengan mengukur tingkat metabolisme basal tubuh, maka akan bisa menentukan apakah jumlah kalori yang kita konsumsi terlalu banyak atau justru kurang. Dengan demikian hal ini sangat bagus bagi anda yang sedang menjalankan sebuah program diet untuk menentukan jumlah kalori yang harus dikonsumsi.
Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Pengen Tahu Alasan Mengapa Wanita Lebih Susah Kurus ?

apa indikator berat badan yang sehat, apakah berat badan kita sudah tergolong sehat, bagaimana cara menilai berat badan yang ideal, cara alami menilai kesehatan berat badan, Cara Menilai Berat Badan Kita Sehat atau Tidak, tips mengetahui berat badan kita sehat atau tidak

Posting Komentar untuk "Cara Menilai Berat Badan Kita Sehat atau Tidak"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner