Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Asam Urat Bisa Memicu Serangan jantung




Bagi anda yang mempunyai kadar asam urat yang tinggi, maka anda harus waspada karena bisa memicu serangan jantung. Banyak orang yang menghubungkan penyakit asam urat dengan radang pada sendi. Asam urat yang tinggi ditandai dengan rasa nyeri pada bagian sendi yang bersifat mendadak yang biasanya sering terjadi pada jempol kaki.

Bahkan menurut sebuah Journal yang berasal dari Inggris yang bernama Jurnal Rheumatology pada tahun 2013 menyatakan bahwa mereka yang mempunyai kadar asam urat yang melebihi batas normal, ternyata mempunyai resiko dua kali lipat terhadap serangan jantung.

Kita tahu bahwa antara penyakit asam urat dengan penyakit jantung mempunyai kemiripan dalam faktor pencetus. Diantaranya adalah memiliki berat badan yang berlebih, kadar kolesterol yang tinggi serta mempunyai riwayat tekanan darah tinggi.
Baca Juga : Tips Mengenali Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Ada jenis makanan yang memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah kita. Jenis makanan tersebut adalah makanan yang banyak mengandung purin. Saat kita banyak konsumsi makanan yang banyak mengandung purin, maka akan membuat sebuah zat yang akan mengental dan mengendap dalam darah kita. Hal inilah yang memicu serangan jantung secara tiba-tiba.

Kadar asam urat yang tinggi dalam sebuah pembuluh darah, akan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Jika dibiarkan maka akan menyebabkan peradangan yang disebabkan karena tumpukan kristal asam urat dalam darah. Pada kondisi ini akan sangat besar resiko terjadi serangan jantung secara mendadak.

Apabila saat ini anda telah didiagnosa oleh dokter mengalami asam urat, maka penting juga untuk melakukan pengecekan kadar kolesterol dan tekanan darah kita. Bukan hanya itu saja penting juga melihat berat badan kita saat ini. Untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, maka anda bisa konsumsi obat yang telah diberikan oleh dokter serta melakukan gaya hidup yang sehat seperti rutin melakukan olahraga.

Solusi pencegahan
Jika anda saat ini mengalami peningkatan kadar asam urat, maka jangan berputus asa. Anda bisa mengendalikannya dengan membatasi makanan yang banyak mengandung purin serta rajin melakukan olahraga secara teratur.
Untuk pola makan, anda harus lebih memperhatikan menu makanan yang sehat. Misalnya banyak konsumsi buah dan sayuran yang bisa sangat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh kita.


Apabila anda juga melakukan kebiasaan yang kurang sehat misalnya minum alkohol dan merokok. Maka mulai sekarang hentikan kebiasaan ini. Anda bisa menggantinya dengan suka konsumsi jus buah yang lebih menyehatkan tubuh kita. Itulah bahaya asam urat yang bisa memicu serangan jantung.

Artikel Terkait : Jenis Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol
Bahaya Asam Urat Bisa Memicu Serangan jantung, cara mengendalikan asam urat agar tetap normal, hubungan serangan jantung dengan asam urat

Posting Komentar untuk "Bahaya Asam Urat Bisa Memicu Serangan jantung"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner