Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Kolesterol Baik ?


Sering kita mendengarkan kalau kolesterol itu dibagi dalam dua jenis, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Hal ini adalah benar sekali. Jadi kolesterol itu ada yang juga yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Mungkin anggapan kita selama ini kolesterol identik dengan hal yang buruk bagi kesehatan. lantas apa yang dimaksud dengan kolesterol baik ?
Kalau kita berbicara tentang kolesterol, maka tidak akan lepas dengan HDL, LDL dan trigliserida. HDL merupakan istilah untuk kolesterol yang baik. Sedangkan LDL merupakan istilah bagi kolesterol yang jahat bagi tubuh kita.

Fungsi dari adanya kolesterol baik adalah berfungsi untuk membersihkan kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah. Hal ini dikarenakan sifat dari kolesterol yang tidak bisa larut dalam pembuluh darah. Oleh karena itu memerlukan suatu lopoprotein untuk mengangkutnya.
Dengan fungsinya yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk membersihkan kolesterol jahat, maka kolesterol baik atau HDL berperan dalam melancarkan pembuluh darah sehingga tidak terjadi sumbatan. Oleh karena itu dengan adanya lemak baik atau HDL akan berdampak positif bagi kesehatan jantung kita.

Apabila dalam tubuh kita ternyata jumlah kolesterol baik atau HDL ternyata kurang, maka berdasarkan sebuah hasil studi mampu meningkatkan resiko gangguan memori dan dimensia.
Untuk jumlah normalnya, kadar kolesterol baik sebaiknya lebih dari 60 mg/dl. Apabila ternyata kita hanya mempunyai kurang dari 50 atau 40, maka menurut para ahli ini bisa dikategorikan rawan terjadi masalah kesehatan termasuk masalah kardiovaskuler atau jantung dan pembuluh darah.

Bagaimana cara meningkatkan kadar HDL?
Untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh kita, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Langkah pertama adalah kita harus menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak atau kolesterol, hentikan kebiasaan minum alkohol, hentikan kebiasaan merokok, banyak melakukan olahraga, lakukan diet untuk menurunkan berat badan serta banyak konsumsi buah dan sayuran. Dengan menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat tersebut, maka diharapkan kadar kolesterol baik atau HDL kita akan lebih meningkat sehingga tubuh kita akan lebih sehat.


Artikel Terkait : Kadar Kolesterol Yang Tinggi Meningkatkan Resiko Stroke
Apa Yang Dimaksud Dengan Kolesterol Baik, arti kolesterol baik atau HDL, cara meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh

Posting Komentar untuk "Apa Yang Dimaksud Dengan Kolesterol Baik ?"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner