Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Ilmiah Mengunyah Makanan Dengan Pelan Bisa Mencegah Kegemukan

sumber gambar : http://manfaat.co.id

Tahukah kita bahwa lingkar pinggang kita sekarang ini dipengaruhi oleh kebiasaan makan yang kita lakukan. Sebenarnya anjuran untuk mengunyah makanan dengan pelan sudah ada sejak dulu dengan tujuan agar kita tidak makan secara berlebihan.

Hal ini terbukti dalam sebuah ajaran yang berasal dari India yang bernama Ayurveda sekitar 7000 tahun yang lalu yang mengajarkan pentingnya makan secara perlahan demi kesehatan pencernaan.
Selain itu, ada sebuah anjuran yang berasal dari agama Islam yang menganjurkan ummatnya untuk mengunyah makanan setidaknya sebanyak 30 kali sebelum menelannya. Dengan mengunyah makanan lebih lama di dalam mulut, maka akan memudahkan tubuh dalam proses penyerapan nutrisi yang sangat dibutuhkan.

Baca Juga : Makan Terlalu Cepat Bisa Memicu Diabetes
Dalam sebuah hasil studi memang tidak menemukan adanya perbedaan nutrisi yang disebabkan karena kebiasaan mengunyah secara pelan dan cepat. Selain itu sistem pencernaan manusia dianggap mampu mencerna makanan dan menyerap dengan baik nutrisi yang terkandung dalam makanan.
Namun, mengunyah makanan secara perlahan terbukti secara ilmiah bisa mengontrol nafsu makan seseorang. Ini artinya dengan mengunyah secara perlahan, maka mencegah seseorang untuk makan lebih banyak.

Dalam sebuah hasil studi terbaru menyebutkan bahwa dengan mengunyah makanan secara perlahan, akan menyebabkan kalori yang dihasilkan lebih banyak terbakar oleh tubuh. Selain itu diketahui juga bahwa kebiasaan makan pelan akan memicu aliran darah menjadi lebih lancar terutama menuju lambung dan usus.

Dalam sebuah hasil studi lain yang terlansir dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa orang yang tergolong obesitas cenderung mempunyai kebiasaan mengunyah makanan dengan lebih sedikit atau cepat.

Padahal diketahui bahwa dengan mengunyah makanan lebih lama, maka terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan hormon yang berhubungan dengan rasa kenyang. Ternyata untuk mencegah makan secara berlebihan kuncinya cukup sederhana yaitu dengan mengunyah makanan lebih pelan.
Mengunyah makanan secara perlahan juga dibenarkan oleh salah seorang pakar nutrisi dunia yang bernama Meena Shah yang berasal dari Texas Christian University. Menurutnya makan secara perlahan membuat kita lebih sadar terhadap sinyal kenyang yang diberikan oleh tubuh.


Artikel Terkait : Sering Mengunyah Permen Karet Tidak Baik Bagi Kesehatan
Alasan Ilmiah Mengunyah Makanan Dengan Pelan Bisa Mencegah Kegemukan, apa kelebihan mengunyah makanan dengan pelan, apa kelebihan mengunyah makanan secara perlahan, apa untungnya mengunyah makanan secara perlahan, dampak positif mengunyah makanan secara perlahan, kelebihan makan dengan tenang, manfaat mengunyah makanan dengan pelan, manfaat mengunyah makanan sampai lumat, manfaat mengunyah makanan yang lama

Posting Komentar untuk "Alasan Ilmiah Mengunyah Makanan Dengan Pelan Bisa Mencegah Kegemukan"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner