Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencegah Rasa Nyeri Bulanan Dengan 4 Langkah Mudah



Bagi seorang wanita tentu tidak asing lagi dengan nyeri bulanan yang disebabkan karena menstruasi. Nyeri karena menstruasi ini akan dialami oleh banyak wanita setiap bulannya. Namun ada kabar gembira, ada 4 langkah mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah nyeri bulanan karena menstruasi.

Secara umum saat seorang wanita mengalami menstruasi akan mengalami gejala seperti kram, perut menjadi kembung dan tidak jarang mereka mengalami rasa nyeri yang hebat yang bisa membuat wanita menangis. Ternyata keluhan ini seperti ini disebabkan karena adanya inflamasi.
Hal ini telah dikemukakan olah para ilmuwan yang berasal dari Uiversity of California yang telah melakukan sebuah studi dengan melibatkan 3.000 wanita untuk melihat kadar inflamasi pada wanita yang menstruasi. Dari hasil studi tersebut didapatkan data bahwa mereka yang mempunyai CRP atau C-Reaktif Protein yang lebih tinggi yang menandakan adanya inflamasi lebih sering mengalami gejala saat pra menstruasi.

Adapun jenis gejala yang sering muncul saat pra menstruasi adalah adanya rasa kram, emosi meningkat, nyeri pada punggung, berat badan meningkat dan adanya nyeri pada payudara. Tidak jarang pula yang mengalami sakit kepala yang menjadi ciri adanya inflamasi.

Baca Juga : Cara Mengenali Menstruasi Yang Tidak Sehat
Menyikapi hal yang demikian, maka para ahli menyarankan kepada wanita untuk melakukan 4 hal ini guna mencegah rasa nyeri yang datang setiap bulannya saat menstruasi :

1. Mengonsumsi omega 3
Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mencegah nyeri bulanan adalah dengan lebih sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3. Dengan konsumsi jenis makanan ini, maka akan meningkatkan kadar protein yang bisa mengurangi adanya inflamasi yang terjadi. Adapun jenis makanan yang banyak mengandung omega 3 adalah jenis ikan laut seperti salmon, tuna dan minyak zaitun.

2. Hindari makanan olahan
Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengurangi konsumsi jenis makanan olahan. Kita tahu bahwa makanan olahan erat kaitannya dengan kandungan lemak jahat dan lemak trans yang justru memperparah inflamasi. Untuk itu anda harus menghindari konsumsi makanan seperti sosis, dendeng dan nugget.

3. Latihan yoga
Langkah ketiga untuk mencegah rasa nyeri yang datang setiap bulan adalah dengan cara rutin melakukan yoga. Dengan melakukan yoga atau olahraga maka bisa menurunkan tingkat stres yang bisa mengurangi inflamasi yang terjadi.

4. Tidur lebih awal
Langkah terakhir adalah dengan mengatur pola tidur yang cukup sekitar 7-8 jam pada waktu malam hari. Saat kebutuhan tidur kita tercukupi, maka sistem kekebalan tubuh kita juga akan meningkat. Namun jika kita kurang tidur maka sistem kekebalan tubuh kita akan menurun sehingga membuat inflamasi yang terjadi lama sembuh.


Artikel Terkait : Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Wanita Saat Menstruasi ?
bagaimana caranya agar terhindar dari nyeri haid, solusi mencegah rasa nyeri akibat menstruasi, Tips Mencegah Rasa Nyeri Bulanan Dengan 4 Langkah Mudah, tips meredakan rasa nyeri haid

Posting Komentar untuk "Tips Mencegah Rasa Nyeri Bulanan Dengan 4 Langkah Mudah"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner