Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Makan Kentang Terlalu Banyak Ternyata Bisa Memicu Diabetes Tipe-2

Bahaya Makan Kentang Terlalu Banyak Ternyata Bisa Memicu Diabetes Tipe-2

InspirasiBersama.com – Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal diabetes care, menyatakan bahwa dengan banyak konsumsi kentang maka bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes tipe-2. Untuk itu disarankan membatasi konsumsi kentang dan mengimbangi dengan konsumsi biji-bijian yang bisa menurunkan resiko diabetes tipe-2.
Kentang ada yang menganggap sebagai salah satu jenis sayuran, ada juga yang menyebutkan kentang sebagai sumber karbohidrat seperti biji-bijian. Para ahli juga menyarankan kentang tidak digunakan dalam menu diet yang sehat.

Secara kandungan, kentang banyak mengandung tepung dengan kandungan serat yang sedikit. Selain itu juga mengandung vitamin, mineral dan polifenol. Karena kandungan karbohidrat yang tinggi inilah kentang ternyata bisa memicu terjadinya penyakit diabetes tipe-2.
Bahkan menurut para ahli, kulit kentang yang direbus mempunyai kandungan gula, sehingga akan membuat gula darah yang mengkonsumsinya menjadi meningkat.

Kentang Goreng: Risiko Terbesar diabetes
Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap mereka yang sering konsumsi olahan kentang seperti direbus, panggang dan digoreng akan meningkatkan resiko penyakit diabetes secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Berikut paparan hasil penelitiannya :
1. Bagi mereka atau peserta yang mengkonsumsi kentang sebanyak 2-4 porsi dalam seminggu akan meningkatkan resiko diabetes tipe-2 sebesar 7 persen.
2. Sedangkan bagi mereka yang konsumsi lebih banyak yaitu 7 atau lebih dalam seminggu, maka akan bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes sebesar 33 persen.

Untuk menghindari penyakit diabetes tipe-2 para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi kentang secara tidak berlebihan. Apalagi bagi anda yang mempunyai resiko besar diabetes yaitu mempunyai keturunan diabetes. Solusinya adalah banyak makan buah, sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan.


Artikel Terkait : Hati-hati Orang Kurus Juga Beresiko Terkena Diabetes

Bahaya Makan Kentang Terlalu Banyak Ternyata Bisa Memicu Diabetes Tipe-2, dampak negatif terlalu banyak makan kentang bagi kesehatan, kentang bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes

Posting Komentar untuk "Bahaya Makan Kentang Terlalu Banyak Ternyata Bisa Memicu Diabetes Tipe-2"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner