Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Sering Berjemur Menggelapkan Kulit Meningkatkan Resiko Kanker Kulit



Sering kita melihat seseorang bule yang berjemur di pantai dengan tujuan agar mendapatkan warna kulit yang lebih gelap. Padahal apa yang dia lakukan berdampak meningkatkan resiko melanoma atau kanker kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menyebutkan bahwa berjemur untuk mencokelatkan kulit ternyata meningkatkan resiko melanoma atau kanker kulit sampai enam kali lipat bagi wanita muda AS.

Dengan maraknya para wanita AS yang melakukan hal ini, beberapa negara bagian di AS melarang teknik berjemur atau mencokelatkan kulit bagi mereka yang usianya belum sampai 18 tahun.
Dalam penelitian ini, peneliti telah melibatkan 681 orang dengan rentan usia 25-49 tahun yang sudah didiagnosa melanoma. Sementara itu pada kelompok yang lain peneliti membandingkan dengan 654 orang yang tidak menderita melanoma dengan rentan usia yang sama.
Hasilnya adalah bagi mereka wanita yang sering melakukan berjemur untuk mencokelatkan kulit, 2, 3 kali akan mengalami melanoma pada usia 40-an. Bahkan mereka beresiko enam kali lipat didiagnosa melanoma pada usia 20-an.

Artinya kebanyakan dari mereka yang sudah didiagnosa melanoma pada usia 20 tahunan, sudah sering melakukan berjemur sinar matahari sejak usia 16 tahun. Sedangkan bagi mereka yang mengalami melanoma pada usia 40-an mengaku sudah melakukan sering berjemur pada usia 24 dan berlanjut sampai usia 40 tahun.
Hal ini menunjukkan betapa besar resiko melanoma terjadi pada wanita muda yang sering melakukan berjemur sinar matahari. Jika hal ini dibiarkan akan ada lebih banyak lagi wanita muda yang terdiagnosa melanoma.

Melihat data dari wanita muda di AS, sebaiknya kita sebagai warga negara Indonesia terutama bagi wanita untuk tidak melakukan berjemur dengan harapan agar warna kulit bisa terlihat lebih gelap dan terkesan eksotik. Hal ini dikarenakan wanita beresiko tinggi terkena melanoma terutama pada wanita muda.


Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Kanker Kulit
bahaya wanita sering berjemur, dampak negatif berjemur bagi kulit, Dampak Sering Berjemur Menggelapkan Kulit Meningkatkan Resiko Kanker Kulit

Posting Komentar untuk "Dampak Sering Berjemur Menggelapkan Kulit Meningkatkan Resiko Kanker Kulit"

Dapatkan updatan kami via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner